Angkatan Udara Myanmar Resmikan Batch Perdana Jet Tempur Sukhoi Su-30SME

Pemerintah Myanmar secara resmi mengumumkan bergabungnya dua jet tempur Sukhois Su-30SME ke jajaran armada Angkatan Udara Myanmar (Tatmadaw). Meski kabar pengadaan Su-30SME oleh Myanmar telah diberitakan beberapa waktu sebelum ini, namun baru kali ini penampilan Su-30SME Myanmar terlihat dengan jelas dalam sebuah acara peresmian yang bersamaan dengan Hari Ulang Tahun ke-76 Tatmadaw pada 15 Desember 2023.

Baca juga: Bersitegang dengan Thailand, AU Myanmar Diperkuat Sukhoi Su-30SME

Dari laman Kementerian Informasi Myanmar – moi.gov.mm (16/12/2023), Upacara peresmian Su-30SME berlangsung di Pangkalan Udara Nay Pyi Taw, dihadiri oleh Ketua Dewan Administrasi Negara Panglima Tertinggi Dinas Pertahanan Jenderal Senior Min Aung Hlaing.

Dalam pidatonya, Jenderal Min Aung Hlaing mengatakan ini adalah langkah baru untuk meningkatkan Tatmadaw menjadi angkatan udara taktis yang memiliki beberapa kemampuan strategis untuk diterapkan secara efektif dalam menjalankan sebagian besar fungsi kekuatan angkatan udara sebagai cita-cita masa depan.

Su-30SME adalah varian ekspor dari jet tempur andalan Angkatan Udara Rusia, Su-30SM. Spesifikasi dasar Su-30SME punya berat maksimum tinggal landas 34.000 kg dan mampu terbang sampai ketinggian 16.100 meter. Jet tempur twin engine ini punya kecepatan maksimum Mach 1.75. Kemampuan tempurnya dicirikan dengan kapasitas payload 8.000 kg dengan jumlah 12 hardpoint.

 

Pada tahun 2018, Rusia menyetujui untuk menjual enam jet tempur Su-30SME kepada militer Myanmar selama kunjungan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu ke Myanmar. Su-30SME adalah versi ekspor dari Su-30SM dengan avionik asing dari turunan Su-30MKI (India) yang diganti dengan sistem buatan Rusia.

Ada kemungkinan downgrade sistem tertentu pada Su-30SME, seperti mode radar dan pengendali tembakan. Varian Sukhoi Su-30SME dirilis di Singapore AirShow 2016, dan telah ditawarkan ke Iran, Bangladesh, Uzbekistan, dan Myanmar.

 

Dalam keluarga Sukhoi Su-30, varian Su-30SM (Serial Modernized) ditempatkan sebagai kasta tertinggi, lantaran Su-30SM adalah varian yang hanya digunakan oleh Angkatan Udara Rusia. Su-30SM identik ke Su-30MKM (Malaysia) dan Su-30MKI (India), terutama pada adopsi canard dan jenis mesin yang sama AL-31F lengkap dengan thrust vectoring.

Baca juga: Astana Bantah Rencana Pembelian Rafale, Kazakhstan Justru Akan Membeli Sukhoi Su-30SM

Angkatan Udara Rusia berupaya meningkatkan performa pada Su-30SM. mengintip keperkasaan mesin Sukhoi Su-35, mendorong Kementerian Pertahanan Rusia berinisiatif untuk mencangkok mesin milik Su-35 (Saturn AL-41F1S) untuk bisa menggantikan mesin di Su-30SM (AL-31F). (Gilang Perdana)