Alami Kerusakan, Airbus A400M Atlas AU Inggris Kena Bird Strike di Spanyol

Meski bukan mengarah ke mesin, namun bird strike yang cukup fatal baru saja terjadi atas pesawat angkut berat Airbus A400M Atlas milik AU Inggris. Bird strike yang menimpa A400M dengan nomer registrasi ZM409 tersebut, terjadi sesaat setelah pesawat dengan bobot maksimum 141 ton itu lepas landas dari Lanud Getafe di Madrid, Spanyol. Tidak ada korban luka dalam insiden ini, namun, terjangan bird strike mampu menyobek bagian hidung sebelah kanan dan menimbulkan lubang yang mengarah ke fuselage.

Baca juga: Diterjang Bird Strike, Tiga Bom BDU-33 di A-10C Thunderbold II Terlepas dari Cantelan

Peristiwa yang terjadi pada 25 Juni kemarin, menyebabkan pesawat harus return to base. Walau belum diketahui tingkat kerusakan yang diakibatkan hantaman burung, namun nampak bangkai dan ceceran darah memenuhi bagian dalam fuselage yang dipadati perangkat dan instrumen pesawat. Masih dari Spanyol, pada 7 Mei lalu, sebuah A400M milik AU Spanyol juga mendapat bird strike di Lanud Zaragoza, yang berlokasi 262 km di utara Madrid. Pada insiden tersebut, bird strike mengarah pada bagian bawah pesawat dan menyebabkan kerusakan pada roda pendarat bagian belakang.

Walau di kedua insiden tidak mengakibatkan korban luka dari awak pesawat, namun frekuensi bird strike bisa menjadi gangguan serius pada operasional angkatan udara.

Ditilik dari kemampuan angkut dan jangkauan, Airbus A400 berada di antara pesawat angkut strategis C-17 Globemaster III dan C-130J Hercules. Dari sisi teknologi, Atlas punya inovasi tinggi dengan adopsi sistem kemudi fly by wire yang memudahkan penerbangan, sistem forward facing crew cockpit yang membuat operasi penerbangan efisien, dan ruang kabin terbesar yang memungkinkan penerbangan jarak jauh menjadi lebih hemat. Karena sudah serba terkomputerisasi, A400M hanya membutuhkan tiga awak, yakni pilot, kopilot dan loadmaster.

Baca juga: Keep Them Flying, Sukhoi Su-30MK2 TS-3009 TNI AU Selamat dari Terjangan Bird Strike

Sebagai pesawat angkut berat, A400M punya ruang kargo dengan lebar 4 meter, tinggi 3,85 meter, dan panjang 17,71 meter, pesawat ini mampu mengangkut kargo dalam berukuran besar seperti helikopter NH90 atau CH-470 Chinook atau dua buah kendaraan pengangkut infanteri Stryker. A400M juga bisa mengangkut truk semitrailer dengan peti kemas berukuran 6,906 meter. Kapasitas muatan keseluruhan mencapai 37 ton. (Gilang Perdana)

10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *