Ajaib, Helikopter SA-330 Puma Inggris Terus Dioperasikan Hingga Tahun 2028

Lantaran sudah berusia tua, helikopter angkut SA-330 Puma TNI AU sudah jarang dioperasikan oleh Skadron Udara 8. Namun, ada anomali di Inggris, pasalnya helikopter angkut sedang buatan Perancis itu masih terus dioperasikan. Bahkan, ada potensi SA-330 Puma HC2 di Negeri Britania akan terus terbang sampai tahun 2027 atau 2028. Kok bisa?

Baca juga: Spektakuler, AU Inggris Rayakan 50 Tahun Pengabdian Helikopter Puma

Seperti dikutip dari Flightglobal.com (18/5/2023), opsi untuk memperpanjang masa tugas SA-330 Puma dikarenakan Angkatan Udara Inggris (Royal Air Force/RAF) dan Kementerian Pertahanan belum dapat memutuskan jenis helikopter penggantinya.

Di bawah Makalah Perintah 2021 Kementerian Pertahanan Inggris, armada helikoper Puma yang beroperasi sejak pertengahan 1970-an – ditetapkan akan dihentikan pada awal tahun 2023 dan diganti dengan jenis yang akan diperoleh melalui program New Medium Helicopter (NMH).

Di bawah program NMH, AU Inggris berharap memperoleh hingga 44 helikopter untuk menggantikan armada helikopter Puma, ditambah tiga jenis lainnya. Pilihan di program NMH adalah Airbus H175, Leonardo AW149 dan Sikorsky S-70M. Namun proses pengganti Puma melalui program NMH berjalan lambat. Ketika Kementerian Pertahanan pertama kali mengeluarkan permintaan informasi tentang program tersebut pada akhir tahun 2021, pemenang akan dipilih pada tahun 2023.

Tiga penawar (Airbus, Leonardo dan Sikorsky) dalam kompetisi diberitahu musim gugur lalu bahwa mereka telah terpilih, dengan undangan untuk bernegosiasi, yang merupakan langkah selanjutnya dalam proses tender, yang diharapkan tender dapat dituntaskan pada akhir kuartal pertama, tanggal yang kemudian digeser menjadi pertengahan tahun dengan pemberian kontrak diantisipasi pada tahun 2024.

James Cartlidge, Menteri Pengadaan Pertahanan, mengatakan Ia tidak dapat mengatakan kapan kontrak akan diterbitkan atau kapan NMH dapat mencapai kemampuan operasional awal, dengan alasan sifat langsung dari pengadaan tersebut.

Buntut dari lambatnya program NMH, membawa konsekuensi mundurnya masa purna tugas helikopter Puma. Dengan program pengadaan yang molor, maka ada kemungkinan helikopter Puma Inggris masih akan bertugas sampai tahun 2028.

Pada 2 Juli 2021, AU Inggris merayakan 50 tahun pengabdian helikopter angkut sedang SA-330 Puma. Disebutkan bahwa AU Inggris resmi menerima unit perdana helikopter Puma pada 29 Januari 1971. Dan menyambut momen emas, AU Inggris meluncurkan unit Puma HC Mk2 XW224 yang diberi cat dan skema livery khusus.

Baca juga: SA-330 Puma Inggris Raih Prestasi Gemilang di Afghanistan

Bagi AU Inggris, Puma punya kesan mendalam lantaran telah hadir dan diandalkan dalam banyak operasi militer dan non militer. Dalam lima dekade, Puma telah terbang dalam operasi tempur dan kemanusiaan di seluruh dunia, termasuk di Irlandia Utara, Malvinas, Bosnia, Kosovo, Irak, Afghanistan, Mozambik, dan Karibia. (Gilang Perdana)