9K333 Verba – Generasi Keeempat Rudal MANPADS Terbaru Rusia

Masifnya pemberitaan tentang rudal hanud jarak sedang dan jauh, seolah menutupi sepak terjang elemen rudal hanud jarak dekat Rusia, khususnya di segmen VSHORAD MANPADS (Man Portable Air Defence System). Padahal di segmen MANPADS, sejak era Uni Soviet, Rusia termasuk biangnya. Dan di antara beragam jenis rudal MANPADS keluaran Rusia, yang terbilang paling baru adalah 9K333 Verba.

Baca juga: AL-1M – Wujud Reinkarnasi Rudal Strela dengan Proximity Fuse

Seperti dikutip dari shephardmedia.com (14/9/2020), disebutkan rudal Verba baru saja digunakan pasukan di unit pertahanan udara di distrik militer Selatan Rusia. Latihan yang digelar awal September 2020, mensimulasikan serangan udara terhadap peralatan militer yang bergerak melintasi stepa.

Unit pasukan hanud dengan rudal Verba tidak bergerak sendirian, pasalnya satuan tembak (satbak) didukung radar portable 1L122 Garmon compact radar. Radar portable yang dapat digelar dalam waktu kurang dari lima menit ini mampu mendeteksi sasaran dari jarak 30 km.

Bila ada sasaran yang masuk area pantauan radar dan urusan IFF (Identification Friend or Foe) tuntas, maka automated control system kemudian bakal menginformasikan kepada penembak rudal tentang lokasi sasaran dan koordinat azimuth untuk menembak. Sesuai spesifikasi dan kemampuan jarak tembak, selanjutnya rudal Verba akan menghancurkan sasaran pada jarak 6 km.

9K333 Verba dirancang dan diproduksi oleh KB Mashinostroyeniya, rudal ini resminya diperkenalkan pada tahun 2014 sebagai pengganti dari rudal MANPADS 9K38 Igla-S. Oleh NATO, Verba diberi kode SA-25 yang mencirikan sebagai generasi keempat rudal MANPADS Rusia.

Sebagai rudal MANPADS, Verba mengandalkan sistem pemandu infrared, tapi infrared di Verba bukan standar punya, pasalnya rudal ini mengadopsi apa yang disebut sebagai three-channel optical seeker yang memadukan ultraviolet, near-infrared dan mid-infrared. Dengan adopsi three-channel optical seeker, pihak produsen menyebut rudal ini memiliki ketahanan sepuluh kali lebih tinggi terhadap thermal countermeasures, seperti melawan flare.

Verba ditenagai solid fuel rocket motor dan mampu melesatkan rudal dengan kecepatan 500 meter per detik. Dengan jarak tembak 6 km, ketinggian luncur rudal ini bisa mencapai 6,5 km. Oleh pihak pengembang, ketinggian luncur Verba adalah yang terdepan di kelas MANPADS, pasalnya rudal sejenis ketinggian luncurnya rata-rata di 4,5 km.

Baca juga: Gelar Rudal MANPADS di Rooftop, Inilah Jurus Arhanud Lindungi Obyek Vital di Pusat Kota

Secara keseluruhan, bobot 9K333 Verba mencapai 17,25 kg, dengan 1,5 kg adalah bobot hulu ledak. Sejauh ini, pengguna Verba di luar Rusia adalah Armenia dan Suriah. (Haryo Adjie)

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *