Yunani Tampilkan MBT Leopard 2A4 dengan Proteksi Modular ASPIS NG

Pelibatan Main Battle Tank (MBT) Leopard 2A4 dalam laga perang di Ukraina, secara langsung telah mendorong kreativitas industri yang terkait, salah satunya adalah sistem proteksi ekstra untuk MBT Leopard. Bila pada ajang Eurosatory 2022 di Paris, EODH SA, manufaktur alat pertahanan dari Yunani ‘baru’ memperkenalkan ASPIS (Advanced Shielding Platform Integrated System) NG dalam dummy modul, maka pada ajang DEFEA 2023 di Yunani, untuk pertama kalinya ditampilkan Leopard 2A4 yang sudah dibekali ASPIS NG.

Baca juga: Yunani Tawarkan ASPIS NG, Sistem Proteksi Modular untuk Kubah MBT Leopard 2A4

DEFEA (Defence Exhibition Athens) 2023 yang digelar 9 – 11 Mei 2023 di Athena, memperlihatkan bentuk utuh Leopard 2A4 dengan konfigurasi modular ASPIS NG.

ASPIS NG merupakan jenis proteksi hybrid yang menggabungkan teknologi pasif, pasif dan energetic. Elemen perlindungan di ASPIS NG dipersiapkan untuk menghadapi ancaman modern seperti serangan rudal anti tank dengan hulu ledak double head tandem dan munisi Armor-Piercing Fin-Stabilized Discarding Sabot (APFSDS) generasi baru dari meriam tank lawan.

Konktruksi lapisan proteksi ASPIS NG menggunakan bahan kombinasi nanoteknologi dan bagian luarnya yang mengadopsi pelat Explosive Reaction Shield (ERA). Untuk menghadapi ancaman serangan rudal anti tank yang menyasar bagian atas kubah, maka ada sejumlah unit proteksi aktif di atas kubah yang berfungsi seperti ranjau anti-personil dengan hamburan fragmen yang diarahkan (Claymore). Aktivasi sistem proteksi ini terjadi setelah ancaman terdeteksi oleh sistem sensor radar.

Solusi yang ditawarkan oleh EODH dapat diadaptasi sebagai peningkatan MBT yang ada atau diintegrasikan ke dalam desain baru. EODH mengklaim, bahwa modul ASPIS NG dapat menghadapi ancaman jenis baru, seperti yang ditimbulkan oleh drone kamikaze dan lintasan parabola Fire and Forget Guided Anti-Tank Systems, yang menyerang bagian atas kubah MBT.

Desain modular ASPIS NG pada MBT menggunakan autonomous millimetre-wavelength radar sensors yang didistribusikan di atap kubah yang ketika diaktifkan dapat mendeteksi ancaman yang datang mendekati atap pada sudut elevasi tinggi dan pada saat yang tepat meledakkan bahan peledak terarah.

Baca juga: AD Jerman Mulai Uji Coba Sistem Proteksi Trophy APS di MBT Leopard 2A4

EODH SA merancang ASPIS NG utamanya untuk ditawarkan pada Angkatan Darat Yunani, dimana Yunani saat ini mengoprasikan 183 unit Leopard 2A4 dan 170 unit Leopard 2A6. (Gilang Perdana)

One Comment