Vasiliy Bykov Class – Kapal Patroli dengan Desain ‘Stealth,’ Punya Spek yang Bikin Ngiler

Peresmian Pavel Derzhavin 363 pada 27 November 2020 (navyrecognition.com)

Punya ukuran hampir serupa dengan korvet Diponegoro Class milik TNI AL, inilah Vasiliy Bykov Class, kapal perang yang oleh AL Rusia didapuk sebagai ‘patrol ship’ untuk meronda kawasan Laut Hitam. Yang menarik, dibanding beberapa kapal perang Rusia generasi terbaru, maka Vasiliy Bykov Class boleh dikata yang punya desain paling revolusioner dengan karakter stealth.

Baca juga: Vishnya Class – Kapal Mata-mata Rusia yang Nekad Dekati Basis P-8 Poseidon Inggris

Dikutip dari navyrecognition.com (28/11/2020), disebutkan pada 27 November lalu, Armada Laut Hitam Rusia resmi menerima unit ketiga dari Vasiliy Bykov Class yang diberi label Pavel Derzhavin 363. Sebagai informasi, Armada Laut Hitam total akan menerima enam unit kapal patroli stealth ini, dua unit sebelum ini telah beroperasi penuh, yaitu Vasily Bykov dan Dmitriy Rogachev.

Meski dipatok sebagai kapal patroli, tapi jangan salah, kadar kombatan kapal yang layak disebut korvet ini, punya taji yang sangar. Dirancang sebagai kapal perang permukaan Rusia yang pertama menerapkan desain modular, Vasiliy Bykov Class dilengkapi senjata pada haluan berupa satu pucuk meriam AK-176MA kaliber 76,2 mm.

(navyrecognition.com)

Kemudian untuk sistem hanud, Vasiliy Bykov Class juga dilengkapi rudal Kalibr-NK dengan peluncur VLS (Vertical Launch System) atau sistem pertahanan udara 3S90M VLS. Sebagai senjata pamungkas, turut dibawa rudal anti kapal 3M24. Kabarnya untuk pasar ekspor, Rusia akan menawarkan paket instalasi 3M-47 Gibka naval air defense system. Senjata organik lain yang terpasang adalah dua pucuk senapan mesin berat MTPU machine guns 14,5 mm.

Untuk menghadapi aspek peperangan bawah air, tersedia DP-65 10/DP-64 2 sebagai sistem peluncur granat otomatis anti sabotase. Masih kurang? kapal patroli ini juga dilengkapi torpedo Paket-NK kaliber 324 mm.

(navyrecognition.com)

Vasiliy Bykov Class ditenagai propulsi dengan teknologi Combined diesel and gas (CODAG) – dimana terdapat dua unit mesin diesel Kolomna 16D49 dan dua unit mesin gas turbin M70FRU. Kapal patroli ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 30 knots. Dari sisi performa, Vasiliy Bykov Class dengan 80 awak, dapat berlayar terus-menerus selama 60 hari dengan jarak jelajah sampai 9.600 km.

Walau desainnya minimalis, ternyata kapal patroli ini sudah menyiapkan hanggar untuk dimuati helikopter sekelas Kamov Ka-27. Untuk menggarap pesanan enam unit, dilibatkan dua galangan, yaitu Zelenodolsk Shipyard dan Zaliv Shipyard.

Baca juga: Admiral Gorshkov Class – Era Baru Frigat Stealth Multirole Rusia

Secara keseluruhan, Vasiliy Bykov Class (Project 22160) punya panjang 94 meter dan lebar 14 meter. Bobot kapal ini mencapai 1.700 ton, atau sama dengan bobot korvet Diponegoro Class. (Gilang Perdana)

33 Comments