Uran 6 – Robot Penghancur Ranjau Zeni Tempur Rusia di Ukraina

Tak bisa dipungkiri bahwa pergerakan pasukan infanteri dan kavaleri di medan peperangan, kerap mendapatkan perlawanan dan hambatan, salah satu yang tak terlihat namun bisa membuat kerugian besar adalah keberadaan ranjau darat. Maka tak heran kemampuan satuan zeni tempur atau combat engineer selalu menjadi tumpuan tatkala unit infanteri dan kavaleri akan memasuki suatu wilayah.

Baca juga: Bozena 4 – Robot Penghancur Ranjau Andalan Yon Zipur TNI AD

Dalam konteks perang di Ukraina, zeni tempur Rusia telah memanfaatkan robot pendeteksi dan penghancur ranjau. Seperti dalam video ini diperlihatkan penggunaan Uran 6 yang masuk kategori Unmanned Ground Vehicles (UGV) di wilayah Luhansk, Ukraina.

Mengusung desain roda rantai, Uran 6 atau disebut MRTK-R, adalah versi Rusia dari UGV pembersih ranjau MV-4 produksi Kroasia. Di tangan Rusia, Uran 6 diproduksi oleh JSC 766 UPTK untuk Angkatan Bersenjata Federasi Rusia.

Robot penghancur ranjau ini dapat digunakan dalam pengintaian dan operasi pembersihan area untuk mendeteksi dan menghilangkan bahan peledak dan ranjau anti-personil/anti-tank. Adanya robot ini dapat meminimalkan risiko yang disebabkan oleh persenjataan yang tidak meledak dan benda-benda berbahaya lainnya.

Dari spesifikasi, Uran 6 yang diperkenalkan pada ajang Army 2016, dirancang sebagai sistem pembersihan ranjau multifungsi, robotik, yang digadang dapat menetralisir ranjau anti-personil (AP) dan ledakan 60 kg TNT dan dapat membersihkan ranjau anti-personil dan zat berbahaya dengan berat dari 1kg hingga 4kg TNT.

Sebagai robot pengancur ranjau, Uran-6 dilengkapi dengan sejumlah alat operasi termasuk lima perangkat penyapu ranjau yang berbeda untuk mendeteksi dan meledakkan ranjau darat. Peralatan tersebut meliputi bilah buldoser selebar 1,8 meter, penyapu ranjau Boikova self-propelled, lengan robot, penggilingan padat, anakan, trailer, derek, gripper tipe tong dengan kapasitas angkat kargo 1 ton, roller padat dan pukat ranjau Katkov.

Seperti anakan dipasang di bagian depan dan berputar menggunakan pahat giling untuk menghancurkan ranjau. Alat sekop dan forklift yang dipasang di belakang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan beragam benda.

Uran 6 dikendalikan oleh satu operator menggunakan sistem kendali jarak jauh dari jarak aman 1 km. Empat kamera video, dipasang di atas robot, memberi operator bidang pandang 360 derajat dari area pengoperasian di depan dan belakang. Ada juga kemampuan citra real-time yang ditransmisikan ke sistem kendali jarak jauhnya.

Dengan berat sekitar 6 ton, robot ini punya panjang 4,45 meter, lebar 2 meter, tinggi 1,49 meter dan lebar clearing track 1,72 meter. Uran 6 ditenagai mesin diesel 240hp yang menghasilkan kecepatan pembersihan ranjau 2 km per jam dan kecepatan maksimum 5 km per jam.

Baca juga: Venezuela Tampilkan Modifikasi Tank AMX-13 Varian Penghancur Ranjau

Uran-6 dapat beroperasi terus menerus hingga lima jam. Robot canggih ini dapat mengatasi rintangan setinggi 1,2 meter dan melintasi parit selebar 1,5 meter. Kemampuan memanjat maksimum robot penghancur ranjau ini adalah 20 derajat. (Gilang Perdana)