Uji Tambatan Tuntas, Kapal Induk Type 003 Fujian Siap Memulai Pelayaran Perdana

Setelah pada akhir November 2023 diketahui tengah melakukan uji coba sistem ketapel elektromagnetik – Electromagnetic Aircraft Launch System (EMALS), kini kapal induk Type 003 Fujian diwartakan telah hampir merampungkan dalam aspek persiapan, sehingga pelayaran perdananya diperkirakan tidak lama lagi akan dimulai.

Baca juga: Cina Uji Coba Sistem Ketapel Elektromagnetik (EMALS) di Kapal Induk Type 003 Fujian

Dikutip Global Times – globaltimes.cn (3/1/2024), para analis pertahanan Cina mengatakan kapal induk ketiga Cina, Fujian, hampir selesai dan akan segera melakukan pelayaran perdananya. “Kami terus membuat kemajuan dalam uji tambatan sesuai rencana,” kata Kapten Yin Hongxin di dek penerbangan Fujian, Xinwen Lianbo, siaran berita prime time China Central Television (CCTV), melaporkan pada hari Selasa.

“Pelayaran perdana Fujian dijadwalkan berlangsung pada tahun 2024, dan menuju pencapaian kesiapan seratus persen pada tahun 2027 sesuai jadwal,” kata Yin. Song Zhongping, seorang pakar militer Tiongkok dan komentator TV, mengatakan kepada Global Times pada hari Rabu bahwa pernyataan Yin menunjukkan bahwa Fujian masih dalam tahap uji coba tambatan untuk sementara waktu tetapi sedang melakukan pengujian intensif.

Kemungkinan akan ada beberapa uji coba laut yang direncanakan pada tahun 2024, sehingga Fujian dapat memasuki layanan dan mencapai kemampuan operasional sesegera mungkin.

Klip pendek yang diputar selama laporan CCTV menunjukkan kapal induk tersebut ditarik oleh kapal tunda tidak jauh dari dermaga, menandai pintu keluarnya dari lokasi di mana kapal tersebut ditambatkan sejak peluncurannya.

Mengutip analisis citra satelit komersial, Thedrive.com melaporkan pada hari Selasa bahwa Fujian dipindahkan ke dok kering sebagai upaya untuk mengatasi masalah dan memastikan uji coba laut yang akan datang memiliki peluang terbaik untuk mencapai kesuksesan.

Dari laporan CCTV, pengamat mengatakan dek penerbangan Fujian tampak bersih, dan tiga shelter kerja yang digunakan untuk menutupi tiga ketapel elektromagnetik saat kapal diluncurkan telah disingkirkan. Dengan sayap terlipat, tiruan jet tempur berukuran penuh dapat dilihat di bagian belakang kapal induk.

Karena tiruan jet tempur tersebut relatif jauh dari kamera dan karena definisi klip yang terbatas, para pengamat tidak dapat mencapai kesepakatan mengenai jenisnya, dengan beberapa orang mengatakan bahwa itu kemungkinan mewakili jet tempur Shenyang J-15, sementara yang lain mengatakan bahwa model tersebut kemungkinan mewakili jet tempur stealth J-35.

Song mengatakan, kemunculan mock-up pesawat di dek penerbangan Fujian berarti uji tambat menguji penjadwalan pesawat di dek penerbangan, termasuk bongkar muat serta pergerakan dan penentuan posisi.

Beberapa pengamat memperkirakan bahwa Fujian dapat mengadakan uji pelayaran pertamanya pada tahun 2023, namun hal itu tidak menjadi kenyataan.

Fu Qianshao, seorang pakar penerbangan militer Cina, mengatakan bahwa Fujian dilengkapi dengan banyak teknologi baru, terutama sistem ketapel elektromagnetiknya, sehingga wajar jika pengujian bisa memakan waktu lebih lama dibandingkan dua kapal induk Angkatan Laut PLA sebelumnya, yaitu Liaoning dan Shandong.

Tahun 2025, Jadwal Penyerahan Kapal Induk Type 003 Fujian ke Angkatan Laut Cina

Berdasarkan uji ketapel baru-baru ini dan laporan CCTV, pekerjaan perlengkapan kapal Fujian hampir selesai dan uji tambatan mendekati tahap terakhir. Pelayaran uji coba akan dilakukan setelah uji tambatan selesai, kata pakar tersebut.

Diluncurkan pada Juni 2022, Fujian adalah kapal induk ketiga Cina, juga kapal induk pertama yang dikembangkan di dalam negeri yang dilengkapi dengan ketapel elektromagnetik dan alat penangkap (arresting devices) pesawat yang mendarat. Dengan bobot total lebih dari 80.000 ton, maka Fujian adalah kapal perang terbesar Cina saat ini. (Gilang Perdana)

3 Comments