UAC Kirim Batch Terakhir Sukhoi Su-57 Felon, Inilah Rincian Jumlah Jet Tempur Rusia yang Dikirim Sepanjang 2023

Di penghujung tahun ini United Aircraft Corporation (UAC) mengumuman pengiriman gelombang (batch) terakhir jet tempur stealth Sukhoi Su-57 Felon ke Kementerian Pertahanan Rusia. Meski tidak dijelaskan berapa unit yang dikirim pada batch terakhir, namun produksi terakhir Su-57 disebut berhasil dirampungkan oleh manufaktur penerbangan Komsomolsk-on-Amur, dinamai Yuri Gagarin (KnAAZ).

Baca juga: Kapasitas Produksi 6 Unit Setahun, Inilah Penyebab Rendahnya Produksi Sukhoi Su-57 Felon

Dalam siaran pers, disebutkan pengiriman batch kedua Su-57 pada 27 Desember 2023 adalah bagian dari inisiatif pada tahun 2023 yang bertujuan menyempurnakan jalur perakitan Su-57, meningkatkan volume produksi serial pesawat, dan menyelesaikan ‘kemacetan’ di seluruh siklus produksi. Langkah-langkah diambil untuk memperbaiki kendala tidak hanya di fasilitas perakitan akhir tetapi juga di seluruh proses produksi.

Yang juga tak kalah penting adalah mengatasi masalah terkait pasokan komponen berteknologi tinggi dari pabrik pemasok dan menjajaki penyempurnaan teknologi perakitan.

Yuri Slyusar, CEO United Aircraft Corporation, menekankan modernisasi yang sedang berlangsung dalam fasilitas produksi. Pada tahun 2024, beberapa struktur utama akan beroperasi, mempercepat implementasi proyek perombakan teknis prospektif di bawah program pengembangan industri pertahanan negara, yang sangat penting untuk produksi massal Su-57.

Menggunakan material komposit canggih seperti polimer, fiberglass, dan aluminum honeycomb fillers, Su-57 meminimalkan visibilitas radar dan infrared signatures, memastikan kemampuan jelajah supersonik yang berkelanjutan.

Sebagai catatan, pengiriman batch pertama Su-57 di tahun 2023 dilakukan UAC pada bulan September lalu. Seperti pada pengiriman batch kedua, pengiriman batch pertama juga tidak menjelaskan berapa unit jet tempur yang dikirim ke Kementerian Pertahanan Rusia. Berdasarkan rangkuman sepanjang tahun 2023, Kementerian Pertahanan Rusia diperkirakan telah menerima beberapa jet tempur baru yang terdiri dari:

1. Sukhoi Su-35S (8 – 12 unit) pada periode Juni, Juli, September, Oktober dan November.
2. Sukhoi Su-34M (5 – 8 unit) pada periode Juni, Oktober dan November.
3. Sukhoi Su-30SM2 (4 – 7 unit) pada periode Juli dan Desember.
4. Yakolev Yak-130 (4 – 5 unit) pada periode Juli dan Desember.
5. Sukhoi Su-57 (4 – 8 unit) pada periode September dan Desember.

Pada tahun 2022, Kementerian Pertahanan Rusia telah menerima pengiriman enam unit Su-57, dua pada bulan Mei dan empat pada bulan Desember. Pada awal tahun 2023, total sepuluh pesawat tempur generasi kelima telah dipindahkan ke Angkatan Udara Rusia.

Rafael Suleymanov – Profil Pilot Uji Sukhoi Su-57 Felon yang Menguasai 44 Jenis Jet Tempur

Meski jumlah pasti pesawat yang dikirimkan dirahasiakan, seperti halnya batch yang dikirimkan pada 27 Desember, namun Direktur Rostec Sergey Chemezov mengatakan adanya peningkatan produksi Su-57 hampir dua kali lipat setiap tahunnya, seperti Angkatan Udara Rusia akan menerima 8 pesawat tempur generasi kelima Su-57 pada tahun 2023. (Gilang Perdana)