Tinggalkan Desain Bullpup, Inggris Berencana Ganti Senapan Serbu SA80 dengan KS-1

Dikembangkan pada era 70/80-an, dan mulai digunakan infanteri Angkatan Darat Inggris sejak tahun 1985, senapan serbu berdesain bullpup SA80, sepertinya akan mengikuti jejak Perancis, yang mengganti senapan serbu berdesain bullpup FAMAS dengan HK416 yakni senapan serbu dengan desain konvensional (magasin di depan).

Baca juga: Ganti Senapan Serbu FAMAS dengan HK416, Inilah Alasan yang Diambil oleh Militer Perancis

Sebagai senjata perorangan, SA80 adalah senapan serbu legendaris yang menjadi citra kehadiran militer Inggris dalam banyak palagan tempur. Sesuai kebutuhan, SA80 yang diproduksi Royal Small Arms Factory, telah dihadirkan dalam beberapa varian, yakni yang terbaru varian A3 yang diperkenalkan pada tahun 2018. Bahkan SA80 A3 belum lama ini mendapat pemasangan perangkat bidik baru anti drone.

Namun, dinamika operasi dan peperangan membuat Inggris harus mengikuti jejak Perancis. Dikutip Armyrecognition.com, Angkatan Darat Inggris (Royal Army) dikabarkan berencana untuk mengganti SA80, yaitu dengan memperkenalkan jenis senapan serbu baru. Hal tersebut terungkap dalam konferensi International Dismounted Soldier 2023 di London.

Di bawah payung Project Hunter, yang sekarang telah selesai, Angkatan Darat Inggris mengevaluasi lima opsi senapan serbu, dan akhirnya memilih KS-1 buatan Knight’s Armament, yang diadopsi terbatas sejak September 2023 sebagai L403A1.

Project Hunter bertujuan untuk menyediakan senjata individu alternatif untuk Resimen Ranger Angkatan Darat dan Marinir Inggris. Pembelajaran dari adopsi SA80 nantinya dapat mempengaruhi Project Grayburn, yang bertujuan untuk menentukan karakteristik utama senapan serbu generasi mendatang untuk menggantikan keluarga senapan SA80.

Senapan Serbu SA80 A3 Pasukan Infanteri Inggris Dipasangi Perangkat Bidik Anti Drone

 

Semua opsi yang dipertimbangkan dalam Project Hunter adalah senapan serbu dengan kaliber amunisi 5,56×45 mm, sehingga ada kesesuain dengan senjata terdahulu.

Tentang KS (Knight’s Stoner)-1 sejatinya adalah senapan jenis karabin yang dibuat oleh Knight’s Armament Company, perusahaan asal Amerika Serikat. KS-1 mengusung desain bergaya AR-15.

KS-1 telah diberi label L403A1 dan dikenal sebagai sistem Alternative Individual Weapon (AIW) oleh militer Inggris. Marinir Inggris telah membeli lebih dari seribu pucuk KS-1 dan Angkatan Darat Inggris telah membeli 1.620 pucuk KS-1 senilai £15 juta. KS-1 dipilih setelah memenangkan pengujian dan tender dari Heckler & Koch, SIG Sauer, Daniel Defense, dan Glock. Kontrak Kementerian Pertahanan Inggris (MoD) mencakup opsi £90 juta untuk membeli hingga 10.000 pucuk selama dekade mendatang.

KS-1 dilengkapi self-indexing dan sangat efisien dengan desain tabung gas lurus. Pemasangan sistem gas meminimalkan kehilangan tekanan gas antara blok gas dan kunci pembawa. Blok gas khususnya ditahan dengan mur yang menyederhanakan pelepasan dan pemeliharaan. Dari spesifikasi, KS-1 punya berat 3,12 kg (tanpa magasin) dan panjang 818–869 mm. (Bayu Pamungkas)