Teknik Pengelabuan, Perancis Kirim Rudal Jelajah SCALP ke Ukraina dengan SUV Mewah Audi Q7

Audi Q7 (Ilustrasi)

Tidak terlalu sulit untuk mengetahui negara-negara mana saja yang memasok persenjataan ke Ukraina, maklum informasi untuk yang satu ini tidak lagi rahasia, bahkan negara pendonor persenjataan mengumbar informasi tersebut. Namun, tetap saja diperlukan teknik khusus untuk memasok persenjataan yang dimaksud ke Ukraina, mengapa? Karena tetap ada risiko serangan presisi yang bisa saja menyergap konvoi angkutan di tengah jalan.

Baca juga: Inggris Diam-diam Angkut Ranpur Spartan APC dengan Truk Kontainer Sipil ke Ukraina

Sebagai teknik pengelabuan, Inggris beberapa waktu lalu telah mengirimkan ranpur Spartan secara diam-diam ke Ukraina dengan dimuat ke dalam truk kontainer sipil. Nah, belum lama ini bocor informasi yang menarik untuk disimak, yakni Perancis dan Inggris rupanya menggunakan teknik khusus untuk mengirim rudal jelajah Storm Shadow/SCALP ke Ukraina.

Dengan harga rudal per unit yang mencapai 2 juta pounsterling, maka negara pemasok harus memastikan rudal yang dikirim dapat sampai tujuan dengan aman. Surat kabar The Times mengungkapkan percakapan perwira tinggi Jerman yang menyebut Perancis menggunakan SUV (Sport Utility Vehicle) mewah Audi Q7 untuk mengirim rudal SCALP ke Ukraina. Sementara Inggris menggunakan rantis lapis baja Cougar Ridgback 4×4 MRAP untuk mengirim rudal Storm Shadow ke Ukraina.

Cougar Ridgback 4×4

Bocoran informasi tersebut, oleh banyak kalangan dapat dimanfaatkan oleh intelijen Rusia untuk menargetkan kedua kendaraan tersebut saat memasuki wilayah Ukraina. Menurut penulis artikel, Inggris dan anggota NATO lainnya harus sangat khawatir dengan pelanggaran keamanan informasi yang mengarah pada pengungkapan data penting tersebut.

Pada hari Jumat, 1 Maret 2024, Margarita Simonyan, Pemimpin Redaksi Rossiya Segodnya Media Group, memposting percakapan lengkap antara perwira Jerman yang sedang mendiskusikan bagaimana mereka akan mengebom Krimea. Percakapan, yang berlangsung pada 19 Februari 2024, dihadiri oleh Frank Grefe, kepala departemen operasi dan latihan dari Komando Angkatan Udara Jerman Bundeswehr dan Komandan Pusat Operasi Udara dari Komando Luar Angkasa Jerman.

Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius mengakui pada konferensi pers khusus pada hari Minggu bahwa beberapa fragmen dari percakapan yang diterbitkan tidak dimaksudkan untuk masyarakat umum. Kepala departemen militer menambahkan bahwa pada rekaman, para perwira membahas “berbagai skenario.” Bila benar SCALP dikirim menggunakan Audi Q7, maka kemungkinan rudal harus ‘diurai’ untuk dimuat ke Audi Q7, pasalnya panjang SCALP mencapai 5,1 meter.

Pertama Kali, Ukraina Konfirmasi Keberadaan Rudal Jelajah SCALP-EG dari Perancis

Audi Q7 adalah SUV mewah yang diproduksi oleh produsen mobil Jerman, Audi. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 dan merupakan bagian dari keluarga mobil SUV Audi Q yang juga mencakup model Q3, Q5, dan Q8. Q7 dirancang untuk menawarkan kombinasi antara kenyamanan, kinerja, dan kemewahan yang khas dari merek Audi.

Beberapa fitur yang biasanya terdapat dalam Audi Q7 adalah sistem penggerak empat roda quattro yang canggih, suspensi udara adaptif untuk kenyamanan berkendara yang optimal, dan berbagai teknologi canggih seperti layar sentuh MMI (Multi Media Interface) untuk sistem hiburan dan navigasi. Mobil ini juga tersedia dengan berbagai pilihan mesin, termasuk mesin bensin dan diesel, serta versi plug-in hybrid untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik. (Gilang Perdana)