Inggris Diam-diam Angkut Ranpur Spartan APC dengan Truk Kontainer Sipil ke Ukraina

Bagi negara-negara donatur persenjataan ke Ukraina, adalah tantangan tersendiri untuk mengirimkan paket persenjataan tersebut dengan aman sampai ke tujuan. Terkhusus pada ranpur lapis baja yang punya dimensi besar dan relatif mudah dilacak, maka harus dikirim secara cermat dengan kerahasiaan tinggi.

Baca juga: Bikin Heboh, Ini Cara Unik Angkut Ranpur Lapis Baja dengan Truk Kontainer

Maklum bila tak waspada, maka bukan tak mungkin rudal jelajah Rusia akan menghancurkan paket persenjaaan sebelum sempat berlaga di medan perang Ukraina. Terkait dengan kerahasiaan pengiriman persenjataan ke Ukraina, ada kabar datang dari Inggris, bahwa ranpur APC (Armored Personnel Carrier) ringan Spartan telah dikirim secara diam-diam dari Inggris ke Ukraina.

Dikutip dari Bulgarianmilitary.com (5/3/2023), aksi pengiriman diam-diam telah dilakukan militer Inggris, persisnya truk kontainer sipil digunakan untuk mengangkut Spartan APC ke Ukraina.

Dalam periode perang yang menggunakan teknologi tinggi, maka satelit mata-mata sangat dimungkinkan ikut memantau dari ketinggian yang tidak terbayangkan, maka merahasiakan pengiriman adalah keputusan yang sangat penting dan strategis.

Satelit intai Rusia secara berkala memantau apa yang terjadi di sekitar jalur dan infrastruktur jalan Ukraina. Sementara Ukraina tidak mampu mengamankan rute kedatangan peralatan tempur dari Barat, maka kondisi malam digunakan sebagai alternatif. Tetapi jika situasinya membutuhkan pengiriman segera, solusi pengiriman pada siang hari mau tak mau harus dilakukan.

Inilah yang direkam oleh tentara Ukraina dalam video – pengiriman ranpur Spartan APC dengan menggunakan truk kontainer sipil. Dimuat dengan truk sipil, ranpur Spartan dapat memasuki Ukraina dari negara tetangga dan bergerak dengan mulus di sepanjang infrastruktur jalan sipil. Dengan kedok pengiriman biasa, maka Spartan berhasil tiba di tujuan akhirnya.

Truk yang terekam dalam video tersebut berjenis trailer. Terlampir di dalamnya adalah trailer yang, menurut perspektif laporan video, tidak hanya dapat menampung satu ranpur, tetapi dua unit Spartan APC. Ini persis seperti yang terlihat dalam rekaman video.

Spartan APC di Ukraina.

Video itu dibagikan di jejaring sosial. Menurut tweeter yang membagikan video tersebut, praktik seperti itu biasa terjadi di Ukraina. Dengan cara ini, Kementerian Pertahanan Ukraina dapat menyembunyikan pengiriman ranpur dari pemantauan satelit Rusia.

Tentang Spartan APC
FV103 Spartan adalah ranpur lapis baja ringan angkut personel buatan Alvis, Inggris. Diproduksi sejak tahun 1978, total 967 unit Spartan berhasil diproduksi dalam berbagai varian. Battle proven dalam beragam operasi militer, termasuk perang Malvinas, sejak tahun 1995 ranpur ini sudah tidak dioperasikan oleh militer Inggris.

Spartan APC memiliki berat 10,50 ton panjang. Versi aslinya dipersenjatai dengan satu Senapan Mesin Serba Guna 7,62/12,7 mm, namun ranpur ini dapat dipasangi rudal anti tank Milan.

Awalnya, Sparta APC ditenagai mesin bensin enam silinder Segaris DOHC Jaguar J60 4.2 liter 252 lbs/ft pada 3.000 rpm. Mesin ini kemudian digantikan oleh mesin diesel Cummins 5.9 single turbo yang dapat menghasilkan 190 tenaga kuda. Kecepatan maksimum Spartan adalah 96 km per jam. Dengan bahan bakar tangki penuh, Spartan APC mampu menempuh jarak 510 km.

Spartan APC telah dipasok ke Ukraina sejak hampir di awal perang – April 2022. Pemasoknya adalah Inggris. Awalnya, Ukraina dijanjikan 120 Spartan APC, tetapi pada akhir 2022, 50 unit lainnya dijanjikan akan dikirim dari London ke Kiev. Selain Inggris, Spartan APC saat ini dioperasikan oleh Botswana, Irak, Yordania, Latvia, Nigeria, dan Oman.

Baca juga: Inggris Kirim (Lagi) Rudal Starstreak ke Ukraina, Kali ini dalam Platform Stormer HVM

Penampilan Stormer versi Commando dalam sebuah defile di Surabaya.

Spartan APC sekilas mirip dengan Stormer APC yang dioperasikan Kavaleri TNI AD. Berasal dari satu pabrikan, Stormer memang didapuk sebagai varian peningkatan dari Spartan, di mana bodi Stormer lebih panjang dengan jumlah roda lebih banyak, proteksi dan payload yang lebih ditingkatkan. (Gilang Perdana)

One Comment