Taklukan Leopard 2A7NO, Korea Selatan Punya Tawaran yang Sulit Ditolak Norwegia dalam Program Pengadaan MBT

K2NO Black Panther saat sebelum diberangkatkan ke Norwegia. (Hyundai Rotem)

Bagi Krauss Maffei Wegmann (KMW) dari Jerman, dan Hyundai Rotem dari Korea Selatan, beberapa hari mendatang akan menjadi momen yang menentukan dalam program pengadaan Main Battle Tank (MBT) untuk Angkatan Darat Norwegia yang nilainya mencapai NOK 20 miliar (sekitar US$1,9 miliar).

Baca juga: Bakal Diadu dengan K2 Black Panther, MBT Leopard 2A7NO Tiba di Norwegia

Setelah MBT K2NO Black Panther dan MBT Leopard 2A7NO bertarung dalam uji coba di Tanah Skandinavia, maka ada kabar dari Forum Pertahanan Norwegia Forsvarets yang menyebutkan, bahwa dalam 30 hari ke depan pihak berwenang Norwegia akan mengumumkan keputusan mereka tentang Leopard atau K2 yang akan menang dalam tender.

Kedua manufaktur tentu harus menyusun strategi jitu, dikutip dari bulgarianmilitary.com (9/10/2022), disebutkan Hyundai Rotem punya penawaran unik, di mana manufakur Korea Selatan itu berjanji untuk mengirimkan 24 unit MBT K2 Black Panther untuk Norwegia pada tahun 2023, bukan pada tahun 2025 seperti yang diutarakan dalam proposal penawaran. Penawaran unik ini siap diwujudkan bila Hyundai Rotem diputuskan sebagai pemenang tender.

Dalam skenario, ke-24 unit K2 Black Panther yang ditawarkan ke Norwegia akan diambil dari batch K2 Black Panther yang saat ini sedang diproduksi untuk Angkatan Darat Korea Selatan. Pihak Seoul mengusulkan untuk memasok 24 MBT K2 Black Panther ke Oslo khusus dari batch produksi ini.

Dalam aspek bisnis, Korea Selatan rupanya tanggap terhadap kebutuhan sang calon pembeli, yakni situasi di Eropa yang memanas akibat konflik Rusia versus Ukraina, menjadikan sebagian besar negara Eropa harus bersiap untuk terlibat peperangan. Dan inilah kesempatan bagi Hyundai Rotem untuk mengajukan proposal di tengah kondisi panas di Eropa.

Pada bulan Januari lalu, kedua MBT beda benua itu melakukan serangkaian uji coba di tanah salju Norwegia dalam kondisi cuaca musim dingin yang ekstrem. Menurut rencana pemerintah dan perhitungan anggaran, MBT Norwegia generasi terbaru, unit perdananya akan tiba pada tahun 2025.

Untuk memenuhi permintaan Norwegia, KMW menawarkan MBT Leopard 2A7NO, yaitu versi modifikasi dari tank Leopard 2A7 yang disesuaikan dengan persyaratan khusus angkatan bersenjata Norwegia. Leopard 2A7 adalah versi modern dari Leopard 2A6 dan merupakan pengembangan lebih lanjut dari varian Leopard 2A5 yang dipersenjatai dengan meriam smoothbore Rheinmetall 120 mm L/55.

Sedangkan K2NO Black Panther mengusung meriam Hyundai WIA CN08 kaliber 120/55 mm smoothbore gun, dimana kapasitas pada kubah dapat dimuati 40 munisi. Modul senapan mesin berat mengadopsi K6 heavy machine gun dengan kapasitas 3.200 munisi (disematkan pada Kongsberg Protector RS4), kemudian ada senapan mesin coaxial kaliber 7,62 mm.

Baca juga: K2NO Black Panther, MBT Asal Negeri Ginseng yang Berani Tantang Leopard 2A7NO

K2 Black Panther sudah menggunakan teknologi autoloader, sehingga jumlah total awaknya hanya tiga orang – commander, gunner dan driver. Black Panther punya bobot penuh 61 ton, tank kebanggaan Korea Selatan ini punya panjang 10,8 meter, lebar 3,6 meter dan tinggi 2,4 meter. (Gilang Perdana)

15 Comments