Sukhoi Su-75 Checkmate – Andalkan Kecerdasan Buatan dan Layar Sentuh Panorama

Layar sentuh panorama pada kokpit Su-75 Checkmate (Foto: Twitter @qretaxyeta)

Sebagai jet tempur yang baru saja diluncurkan, Sukhoi Su-75 “Checkmate” memang masih menanti sampai tahun 2023 untuk jadwal terbang perdananya. Namun, serba-serbi tentang pesawat tempur stealth single engine itu tentunya menarik untuk dicermati. Meski spesifikasi detailnya belum dirilis, namun Sukhoi Design Bureau telah memberikan kisi-kisi yang menarik tentang fitur jet tempur generasi kelima ini.

Baca juga: Ada Kemiripan, Antara Layar Sentuh di Kokpit KFX dan Gripen E

Mengutip dari situs Kantor Berita Rusia Tass – tass.ru (21/7/2021), dalam sebuah interview, Director of Sukhoi Design Bureau and Chief Designer of LTS (light tactical aircraft) Mikhail Strelette mengatakan, bahwa Sukhoi Checkmate dirancang dengan dasar teknis serta pengembangan dari Sukhoi Su-57 Felon.

Lain dari itu, Checkmate akan dihadirkan dengan teknologi kecerdasan (artificial intelligence) yang akan berperan ibarat kopilot, yang secara independen mendiagnosis sistem pesawat dan membantu pilot dalam situasi pertempuran yang dinamis dan serba cepat.

(Foto: Twitter @qretaxyeta)

Yang tak kalah menarik, Mikhail Strelette juga mengungkapkan, bila dashboard pada kokpit Sukhoi Checkmate dirancang dengan mengadopsi layar sentuh jenis panorama unik yang tidak hanya mencerminkan status semua sistem, tetapi dapat memberikan informasi komprehensif tentang rute, target, dan ancaman.

Nah, terkait layar sentuh panorama pada Sukhoi Su-75 Checkmate, sekilas mengingatkan pada rancangan layar sentuh berukuran besar yang ada di kokpit jet tempur Gripen E/F, F-35 Lightning II dan KFX.

Tampilan layar sentuh pada kokpit F-35 Lightning II.

Desain layar sentuh model panorama digadang β€˜dapat’ membagi frame untuk beberapa fungsi taktis, seperti visual area pantauan radar, informasi sistem senjata, informasi mesin dan bahan bakar, peta navigasi serta beragam keperluan yang dapat dikustomisasi sesuai misi yang dijalankan.

Baca juga: GECO (Air) Panasonic Toughpad FZ M1 – Tablet Ini Dukung Situational Awareness Penerbang Tempur TNI AU

Lepas dari model layar sentuh panorama yang melengkapi Su-75 Checkmate, terungkap pula model konsol kendali yang digunakan, dimana Checkmate menggunakan model tongkat kemudi klasik, berbeda dengan F-35 yang menganut model side stick alias joystick seperti halnya pada F-16 Fighting Falcon. (Gilang Perdana)

25 Comments