Spanyol Order 16 Unit Airbus C-295 dalam Konfigurasi Maritime Patrol Aircraft dan Maritime Surveillance Aircraft

Di penghujung akhir tahun ini, Airbus Defence and Space (ADS) meraih kontrak senilai 1,695 miliar untuk pengadaan 16 unit pesawat intai Airbus C-295 pesanan Kementerian Pertahanan Spanyol untuk kebutuhan Angkatan Udara dan Angkatan Laut Negeri Matador. Pesanan tersebut akan dibagi ke dalam dua konfigurasi, yakni Maritime Patrol Aircraft (MPA) dan Maritime Surveillance Aircraft (MSA).

Baca juga: Airbus Kirim Unit Perdana C-295 Pesanan AU India, Jadi Contoh Program ToT Maksimal

Dari siaran pers yang diterima Indomiliter.com (21/12/2023), pesanan C-295 baru ini akan memungkinkan Angkatan Udara dan Angkatan Laut Spanyol untuk memperkuat kemampuan perang anti-kapal selam nasional serta meningkatkan unit pengawasan, pengintaian dan pencarian serta penyelamatan.

“Pesawat ini akan sepenuhnya dirancang dan diproduksi di Spanyol, mendorong jejak dan kedaulatan pertahanan industri nasional, sekaligus dapat mempertahankan lapangan pekerjaan,” kata Mike Schoellhorn, CEO Airbus Defence and Space. “Secara khusus, versi MPA merupakan konfigurasi misi C295 yang paling kompleks hingga saat ini. Sebuah proyek pengembangan besar yang akan menyatukan teknologi terbaru untuk memberikan keuntungan operasional kepada pelanggan kami.”

Kontrak tersebut juga mencakup sistem pelatihan dengan penyediaan Full Flight Simulator dan Mission System Simulator dan paket dukungan logistik awal.

Bagi Angkatan Udara Spanyol, C-295 MPA akan menjalankan misi yang selama ini dilakukan oleh armada P-3 Orion, yang pensiun pada akhir tahun 2022. C-295 MPA dirancang untuk melakukan misi anti-kapal selam, peperangan anti-permukaan, serta misi intelijen, pengawasan dan pengintaian. Untuk kemampuan penindakan, C-295 MPA Spanyol mampu membawa persenjataan seperti torpedo ringan dan jenis sistem senjata lainnya.

Dalam lembar fakta, disebut C-295 MPA untuk Angkatan Udara Spanyol dilengkapi dengan high definition camera, electro optic sensor, multimode radar, automatic identification system (AIS) dan akses komunikasi satelit (Satcom) Ka-band. Untuk mempertajam kemampuan deteksi pada misi anti kapal selam, C-295 MPA Spanyol dibekali dengan accoustic system dan sonobuoy dan magnetic anomaly detector pada bagian ekor. Dalam sekali terbang, C-295 MPA dapat membawa dua torpedo.

Konfigurasi C-295 MPA akan sangat terhubung dan dapat beroperasi dalam mode kolaboratif dengan platform lain di domain berbeda. Pesawat ini dapat menjadi pusat komando dan kendali terbang, memberikan Angkatan Bersenjata Spanyol keserbagunaan untuk melaksanakan berbagai misi.

Sementara C-295 MSA dipersiapkan sebagai pengganti alami untuk armada pesawat intai CN-235 VIGMA, yang telah beroperasi sejak tahun 2008. Pesawat ini terutama akan diperlengkapi untuk operasi maritim dan darat seperti anti-penyelundupan, anti-ilegal. operasi imigrasi dan anti-perdagangan narkoba, serta misi pencarian dan penyelamatan nasional dan internasional.

Airbus Beberkan Detail Keunggulan C-295W Varian SAR Pesanan Kanada

Akan ada sinergi tingkat tinggi antara kedua konfigurasi. Saat ini Angkatan Udara dan Luar Angkasa Spanyol juga mengoperasikan 13 unit Airbus C295 dalam konfigurasi transportasi. (Gilang Perdana)