Shahed-136 – Drone Kamikaze Produksi Iran yang Tampil di Laga Perang Ukraina

Puing dari Shahed-136 (Twitter)

Meski tak diumumkan secara resmi, pengiriman ribuan drone kombatan, termasuk drone kamikaze (loitering munition) dari Iran ke Rusia, menjadi tajuk berita internasional. Dan sejak kabar itu beredar pada pertengahan Juli lalu, maka publik dunia menantikan debut drone produksi Iran, yaitu jenis apakah yang akan digunakan Rusia dalam laga konflik di Ukraina.

Baca juga: Makin Panas, Iran Pasok 1.000 Drone Tempur ke Rusia untuk Perang di Ukraina

Dan tanpa menunggu waktu lama, pihak Ukraina lewat akun Twitter Ukraine Weapons Tracker @UAWeapons (13/9/2022), mempublikasikan foto puing-puing drone kamikaze, yang kuat diduga berasal dari jenis Shahed136.

Dikutip dari eurasiantimes.com, foto-foto puing itu berasal dari Shahed-136, yang menurut seorang perwira Ukraina diklaim telah ditembak jatuh di dekat Kupiansk, di Oblast Kharkiv. Puing-puing itu memiliki sebutan Cyrillic “M214 Geran-2” dan menjadi konfirmasi visual pertama atas eksisensi drone produksi Iran di Ukraina.

Teheran dilaporkan memiliki beberapa varian drone Shahed. Sementara informasi tentang drone-drone kamikaze Iran telah diberitakan secara terbatas. Shahed-136 berbentuk segitiga diperkirakan memiliki jangkauan sekitar 2.000 kilometer. Ini membuatnya mampu mencapai target yang tepat dari jarak jauh.

Meski informasi tentang Shahed-136 terbatas, bila dilihat dari desain, maka Shahed-136 identik dengan drone kamikaze Harpy produksi Israel Aerospace Industries (IAI). Nama Harpy meroket saat digunakan oleh AD Azerbaijan dalam konflik Nagorno-Karabakh melawan Armenia. Salah satunya, Harpy sukses menyerang MBT T-72A buatan Rusia yang dioperasikan Angkatan Darat Armenia.

Harpy ditenagai satu unit mesin UEL AR731 Wankel rotary yang punya kekuatan 38 hp. Harpy dapat melaju dengan kecepatan 185 km per jam dan jarak jelajah 500 km. Punya panjang 2,7 meter dan lebar bentang sayap 2,1 meter, Harpy dapat membawa payload berupa hulu ledak high explosive seberat 32 kg. Nah, apakah Shahed-136 punya kemampuan setara Harpy? Sejauh ini belum ada yang mengetahuinya secara pasti.

Shahed-136 diproduksi oleh Shahed Aviation Industries, sebuah perusahaan dengan pengalaman panjang dalam penelitian drone. Perusahaan ini juga mengembangkan Shahed-129 yang populer, yakni tiruan Predator. Kemudian ada Shahed-149, yang merupakan tiruan dari Reaper yang lebih besar, dan drone Shahed-181 dan 191 yang disebut punya kemampuan stealth.

Baca juga: Dari Truk Kontainer Sipil, Iran Sukses Luncurkan Secara Salvo Drone Kamikaze

Dalam latihan militer dengan tajuk โ€œGreat Prophet 17โ€, diperlihatkan demo peluncuran Shahed-136 secara salvo dari truk kontainer. Teknik peluncuran drone secara salvo dari truk ini mengandalkan hidrolik truk dan drone meluncur dari sisi atas kontainer. Dari satu truk kontainer sipil dapat dimuati lima drone kamikaze Shahed-136. (Gilang Perdana)