Senat AS Beri Lampu Hijau ‘Penjualan’ Tiga Unit Kapal Selam Nuklir Virginia Class Block IV dan VII ke Australia

Pada 13 Desember 2023, Senat Amerika Serikat mengesahkan Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional – National Defense Authorization Act (NDAA), yang sekaligus menyetujui penjualan tiga unit kapal selam bertenaga nuklir Virginia class ke Australia. Ini merupakan babak besar dalam kebijakan strategi pertahanan, lantaran baru ini pertama AS menyetujui penjualan kapal selam nuklir kepada sekutunya.

Baca juga: Australia Buka Pangkalan Kapal Selam Nuklir, 700 Personel AS Akan Ditempatkan di Perth Berikut Fasilitas Pengelolaan Limbah Radioaktif

Persetujuan penjualan kapal selam nuklir menjadi implementasi dari aliasi pertahanan trilateral AUKUS antara Amerika Serikat, Inggris dan Australia. NDAA menetapkan pengecualian bagi Australia dan Inggris dari perizinan kontrol ekspor pertahanan AS dan menambahkan Australia dan Inggris ke dalam Undang-Undang Produksi Pertahanan AS.

Secara khusus, NDAA memberikan wewenang kepada Australia untuk mengakuisisi dua unit kapal selam Virginia class yang masih dalam pelayanan Angkatan Laut AS, dan satu unit lagi di luar jalur produksi, yakni untuk memastikan tidak ada kesenjangan dalam kemampuan kapal selam Australia menjelang pengiriman kapal selam nuklir AUKUS buatan Australia dan Inggris pada awal tahun 2040-an. Rencana transfrer Virginia class ke Australia akan dilakukan pada tahun 2030-an.

USS Missouri SSN-780

Berdasarkan perjanjian AUKUS, Angkatan Laut AS akan menjual kapal selam Virginia class Block IV ke Australia pada tahun 2032 dan 2035, dan kapal selam Virginia class Block VII pada tahun 2038. Kapal selam Block IV dilengkapi dengan sistem sonar canggih dan rudal jelajah Tomahawk, varian Virginia class ini memiliki pengalaman operasional yang signifikan.

Sementara Virginia class Block VII akan hadir sebagai kapal selam produksi baru yang menampilkan teknologi tercanggih, dan akan memberikan kemampuan pencegahan strategis yang lebih luas bagi Angkatan Laut Australia.

Akuisisi kapal selam Virginia class mewakili lompatan kemampuan pertahanan Australia, dalam konteks meningkatnya ketegangan geopolitik di kawasan Indo Pasifik.

Lain dari tiga unit yang telah disetujui oleh Senat AS, Australia akan mempertahankan opsi untuk meminta persetujuan kongres untuk pembelian dua kapal selam Virginia class lagi.

Proyek Kapal Selam Nuklir Australia – Selain Borong Virginia Class, Disepakati Pembagunan AUKUS Class

Undang-undang tersebut mengizinkan pemeliharaan kapal selam AS oleh warga Australia di Australia bertepatan dengan kehadiran kapal selam bertenaga nuklir Inggris dan AS secara bergilir pada tahun 2027 di bawah Submarine Rotational Force West (SRF-West).

Pangkalan kapal selam nuklir AS dan Inggris akan dibangun di HMAS Stirling, tak jauh dari Perth di Negara Bagian Australia Barat, pembangunan pangkalan berikut fasilitas pengelolaan limbah radioaktif akan dimulai pada paruh kedua tahun 2024. (Gilang Perdana)

One Comment