ROKS Marado (Dokdo Class): Kapal Induk Helikopter Andalan Korea Selatan

Setelah diluncurkan pada 14 Mei 2018, rencananya ROKS Marado (LPH-6112), yaitu kapal induk helikopter kedua AL Korea Selatan akan resmi masuk kedinasan pada tahun 2020. Pasca diluncurkan oleh galangan Hanjin Heavy Industries, kapal induk helikopter yang juga menyandang label Landing Platform Helicopter (LPH) amphibious assault ships ini memasuki masa sea trial dan instalasi berbagai perangkat serta persenjataan. ROKS Marado adalah kapal kedua dari Dokdo Class (ROKS Dokdo – LPH-6111) yang telah dioperasikan AL Korsel sejak Juli 2007.


Baca juga: BPC Dixmude (Mistral Class) – Kembali Singgahi Indonesia, Inilah Jenis Kapal Perang Amfibi Impian Rusia

ROKS Marado dengan bobot kosong 14.300 ton dan bobot mati 18.800 ton, bisa dikatakan sekelas dengan LPH Mistral Class milik AL Perancis, Izumo Class dari AL Jepang dan Canberra Class kepunyaan AL Australia. Dimana ketiga kapal induk helikopter tersebut pernah mengunjungi Indonesia dan telah dikupas di artikel Indomiliter.com sebelum ini.

Mengutip dari nationalinterest.org, ROKS Marado memiliki lebar 31 meter dan panjang mencapai 199 meter. Dengan sokongan mesin diesel 4 SEMT Pielstick 16 PC2.5 STC24 MW (32.000 shp), ROKS Marado dapat berlayar dengan kecepatan maksimum 23 knots dan kecepatan jelajah 18 knots. Sebagai LPH, ROKS Marado dapat mendukung kampanye operasi amfibi secara penuh, yaitu dengan membawa lebih dari 200 kendaraan, termasuk tank amfibi, plus 720 marinir.

Dilengkapi dock basah di bagian buritan, ROKS Marado nantinya dilengkapi dua unit kendaraan pendarat yang lebih canggih dari Landing Craft Utility (LCU), yaitu dua Landing Craft Air Cushion (LCAC) yang merupakan wahana hovercraft.

ROKS Marado diawaki 330 personel dan dipersenjatai dua kanon reaksi cepat – Close In Weapon System (CIWS) Goalkeeper kaliber 30 mm dan satu peluncur RIM-116 Rolling Airframe Missile.

Sebagai kapal induk helikopter, ROKS Marado dapat membawa 10 unit helikopter sedang UH-60P Black Hawk. Meski Dokdo Class tidak sebesar Izumo Class, namun kapal induk helikopter ini dapat dipersiapkan untuk dapat didarati F-35B Joint Strike Fighter yang mampu beroperasi short takeoff and vertical landing (STOVL).
Baca juga: Kapal Induk Helikopter JS kaga, Lego Jangkar di Perairan Teluk Jakarta

Beberapa sumber menyebut, bahwa ROKS Marado punya deck yang lebih diperkuat agar dapat mengakomodir dua unit V-22 Osprey, dimana ROKS Dokdo hanya dapat menampung satu V-22. (Gilang Perdana)

Spesifikasi ROKS Marado

  • Sensors and processing systems: SMART-L air search radar / ELM-2248 (MF-STAR) multifunction surveillance radar, MW08 surface search radar / LIG Nex1 SPS-550K, AN/SPS-95K navigation radar, TACAN, VAMPIR-MB optronic sight
  • Electronic warfare & decoys: ESM/ECM:SLQ-200(v)5K SONATA, Chaff launcher
  • Armament: 2 × Goalkeeper CIWS and 1 × RIM-116 Rolling Airframe Missile
  • Aircraft carried: Up to 10 helicopters
  • Aviation facilities: Flight deck with 5 landing spots and hangar
22 Comments