‘Reborn,’ Hari Ini Kapal Selam KRI Alugoro 405 Resmi Diluncurkan

KRI Alugoro 405 (Foto: Tribunnews.com)

Lebih cepat sehari dari jadwal yang telah diwartakan sebelumnya, Kamis siang ini (11/4) bertempat di Dermaga Fasilitas Kapal Selam PT PAL Surabaya, kapal selam ketiga dari Nagapasa Class yaitu KRI Alugoro 405 diluncurkan. Peluncuran dihadiri Menteri Pertahanan RI Jendral TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Pengukuhan nama KRI Alugoro 405, secara simbolis akan diberikan oleh Ibu Nora Ryamizard Ryacudu.

Baca juga: 12 April, Kapal Selam KRI Alugoro 405 Akan Diluncurkan

Dikutip dari tribunnews.com (11/4), Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut, Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal menyebut bahwa ada 200 lebih putra-putri terbaik bangsa Indonesia yang dikirim ke Korea Selatan untuk belajar produksi kapal selam ini. Setelah diluncurkan hari ini, KRI Alugoro 405 akan melangsungkan tahapan sea trial, sebelum nantinya diserahkan secara resmi kepada Satuan Kapal Selam (Satsel) TNI AL.

KRI Alugoro 405 diproduksi dengan skema transfer teknologi dengan Korea Selatan. Dalam hal ini Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan bekerja sama dengan perusahaan plat merah galangan kapal PT PAL (Persero). Dengan peluncuran ini, KRI Alugoro 405 nantinya akan segera memperkuat etalase Satsel yang kini terdiri dari KRI Cakra 401, KRI Nanggala 402, KRI Nagapasa 403 dan KRI Ardadedali 404.

Foto: Istimewa.

Sebelumnya, nama Alugoro juga pernah digunakan sebagai nama armada kapal selam yang didatangkan dari Uni Soviet, yakni RI Alugoro 406. Kapal tersebut bagian dari pengiriman 12 kapal selam Whiskey Class dalam kampanye operasi Trikora pada 1962.

Merujuk ke sejarah, KRI Alugoro 406 menjadi bagian terakhir dari paket pengiriman Whiskey Class dari Uni Soviet. Dalam gelombang akhir tersebut, KRI Alugoro 406 didatangkan bersama dengan KRI Wijayadanu 409, KRI Hendrajala 405, KRI Bramastra 412, KRI Pasopati 410, dan KRI Cundamani 411.

Baca juga: KRI (RI) Alugoro 406, Bukti Indonesia Pernah Uji Tembak Rudal Jelajah dari Kapal Selam

Hebatnya, seperti dikupas dalam buku “Kapal Selam Indonesia” yang ditulis Indroyono Soesilo dan Budiman, diperlihatkan foto hitam putih saat KRI Alugoro 406 melepaskan rudal anti kapal ke udara. Namun berbeda dengan Harpoon dan Exocet, rudal anti kapal jenis SS-N-3c Shaddock dilepaskan dari atas deck kapal, dan hanya bisa dilakukan saat kapal selam berada di permukaan. (Bayu Pamungkas)

24 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *