Perancis Order 109 Unit Self Propelled Howitzer CAESAR MK II NG 6×6, Unit Perdana Dikirim Tahun 2026

Guna melakukan modernisasi, termasuk mengganti beberapa unit yang telah dikirim ke Ukraina, Badan Pengadaan Pertahanan Perancis – DGA (Direction Générale de l’Armement) belum lama ini telah mengkonfirmasi adanya pesanan baru sejumlah 109 unit self propelled howitzer (SPH) CAESAR 6×6 versi terbaru, yakni CAESAR (Camion Equipe’ d’un Syste’me d’ ARtillerie) 6×6 Mark (MK) II Next Generation (NG), produksi Nexter Systems.

Baca juga: Nexter Systems Kembangkan CAESAR 6X6 Mark II Next Generation

Menurut siaran pers dari KNDS (KMW+Nexter Defense Systems), pengiriman pertama pesanan CAESAR terbaru untuk Perancis diharapkan tiba pada tahun 2026. Pengadaan ratusan unit CAESAR 6×6 MK II NG diuraikan dalam undang-undang program militer tahun 2024 – 2030. Secara bertahap, CAESAR 6×6 MK II NG akan menggantikan howitzer AUF1 yang sudah tua dan CAESAR 6×6 Mk I yang saat ini digunakan oleh Angkatan Darat Perancis.

Nexter Systems menyebut, ini menandai tonggak sejarah besar bagi artileri Perancis, memberikan mereka kemampuan yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak diperkenalkannya sistem CAESAR 6×6 pada tahun 2008. Dalam kontrak juga mencakup dukungan pemeliharaan untuk CAESAR MkII selama dua tahun sejak dioperasikan Angkatan Darat Perancis.

Seperti yang diumumkan oleh Perdana Menteri Jean Castex di Roanne, pengembangan CAESAR Mk II NG dimulai pada bulan Desember 2021,

CAESAR 6×6 MK II NG mempertahankan konfigurasi sistem artileri saat ini, yang telah terbukti sukses dalam operasi (lebih dari 100.000 peluru ditembakkan sejak 2009) dan tentunya telah sukses dalam ekspor. Meski begitu, akan ada upgrade yang menyangkut perlindungan awak dan mobilitas. Untuk itu, Nexter Systems menambahkan proteksi ranjau level 2 dan kabin berlapis baja balistik, tahan terhadap alat peledak improvisasi dan amunisi kaliber kecil.

CAESAR 6X6 MK II dilengkapi dengan mesin baru (460 HP dibandingkan dengan 215 HP sebelumnya), girboks otomatis baru dan sasis baru. Terakhir, CAESAR 6X6 Mark II membawa fire control software versi terbaru, dan kabin disiapkan untuk mengakomodasi radio CONTACT generasi baru, sampai sistem jammer Thales BARAGE juga dapat dipasang pada CAESAR 6×6 Mark II.

CAESAR 6X6 MK II mengusung kaliber 155/52mm dengan jarak tembak maksimum 42.000 meter dan jarak tembak minimum 4.500 meter. Kecepatan tembak meriam ini dapat memuntahkan 6 proyektil untuk setiap menitnya. Hebatnya sistem pemuatan amunisi sudah mengaplikasikan jalur otomatis ala revolver, pengisi tinggal menaruk proyektil ke rak, dan pengisi akan memasukkannya langsung ke dalam kamar peluru.

TRF-1 CAESAR : Generasi Ketiga Self Propelled Howitzer TNI AD

CAESAR sudah mengadopsi sistem amunisi tanpa selongsong (caseless), alhasil bobot amunisi yang dibawa lebih ringan, dan tentu saja ramah lingkungan. Dalam satu unit truk CAESAR dapat membawa 16 amunisi yang ditelakkan dalam kompartemen kedap air dan api yang masing-masing mampu memuat delapan proyektil dan ditaruh pada flatbed di bawah laras meriam.

Belgia telah menetapkan pilihan untuk membeli CAESAR 6X6 Mark II, yakni menjadi pengguna ekpsor CAESAR 6X6 Mark II Next Generation (NG) pertama. Pada 13 Mei 2022, kementerian pertahanan Belgia dan Perancis telah menandatangani kontrak senilai €62 juta untuk mengakuisisi sembilan unit self-propelled howitzer 155mm 6×6 CAESAR NG. (Gilang Perdana)

2 Comments