Perancis Dirikan Klub Self Propelled Howitzer CAESAR, Indonesia Otomatis Jadi Member

Ibarat klub otomotif, Perancis belum lama ini membentuk klub untuk para pengguna self propelled howitzer (SPH) CAESAR. Klub CAESAR ini diluncurkan pada 14 November 2023 di kamp Canjuers oleh Angkatan Darat Perancis (Armée de Terre), DGA (Direction Générale de l’Armement) dan KNDS (KMW+Nexter Defense Systems).

Baca juga: Self Propelled Howitzer CAESAR TNI AD Jajal Loading/Unloading di C-130 Hercules TNI AU

Tujuan dari klub ini adalah untuk mempromosikan keluarga Camion Equipe’ d’un Syste’me d’ ARtillerie)155/52 mm dan berkontribusi untuk memperkuat interoperabilitas antara Angkatan Darat Perancis dan militer dari negara lain yang menjadi pengguna CAESAR, dalam hal ini termasuk Indonesia.

Dari armyrecognition.com (21/11/2023), klub self propelled howitzer CAESAR juga berfungsi sebagak wadah untuk berbagi topik operasional, termasuk pemeliharaan dan dukungan lain terkait self propelled howitzer roda ban ini. Hal ini juga akan memberikan umpan balik yang berguna bagi Angkatan Darat Perancis dan Nexter, sebuah kompi dari KNDS, dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan tempur keluarga self propelled howitzer CAESAR.

Unit AD Perancis sedang menembakkan CAESAR pada posisi Taliban – Agustus 2009

Klub CAESAR akan menyatukan berbagai negara pengguna dan berbagi masukan. Negara-negara pengguna self propelled howitzer CAESAR terdiri dari Prancis (76 unit), Thailand (6 unit), Arab Saudi (132 unit), Maroko (37 unit), Indonesia (55 unit), Republik Ceko (62 unit), Belgia (9 varian next generation yang sedanhg dipesan) dan Lituania (18 unut). Sementara Ukraina menjadi pengguna terbaru setelah mendapatkan donasi CAESAR dari Perancis.

Klub CAESAR akan menyatukan seluruh angkatan bersenjata yang diperlengkapi atau sedang diperlengkapi untuk berbagi umpan balik pengalaman operasional, untuk tujuan meningkatkan kinerja sistem dan penggunaannya dalam pengembangan di masa depan, termasuk meningkatkan interoperabilitas. Pelajaran pertama yang diambil dari perang di Ukraina sangat berharga dalam pengembangan dan operasional CAESAR.

Pada Mei 2022, Belgia dan Perancis menandatangani kontrak CaMo 2 untuk akuisisi 9 unit self propelled howtizer CAESAR 6X6 Mark II Next Generation (NG) dengan pelatihan bersama dan komponen pelatihan terintegrasi. Nilai kontraknya adalah 62 juta euro dengan pengiriman direncanakan pada tahun 2027.

Pada bulan Juni tahun yang sama, Kolonel Bernard Phaleg, kepala Divisi Rencana dan Kebijakan di Pertahanan Belgia, mengumumkan kepada anggota parlemen dalam sidang bahwa, sebagai sebagai bagian dari rencana STAR, Belgia akan memesan 18 hingga 19 unit CAESAR tambahan selain pesanan pertama.

Baca juga: Belgia Pesan 9 Unit Self Propelled Howitzer CAESAR NG 6×6, Pengguna Pertama di Luar Perancis

Sebagai informasi, CAESAR ditawarkan Nexter Systems dalam dua pilihan platform kendaraan, yakni pada kendaraan berpenggerak 6×6 dengan sasis truk Renault Defense Sherpa 5 dan kendaraan berpenggerak 8×8 dengan sasis truk Tatra T815. (Bayu Pamungkas)

3 Comments