Belgia Pesan 9 Unit Self Propelled Howitzer CAESAR NG 6×6, Pengguna Pertama di Luar Perancis

Belgia telah menetapkan pilihan untuk membeli alutsista baru di lini artileri medan (medan), yakni menjadi pengguna ekpsor CAESAR 6X6 Mark II Next Generation (NG) pertama. Pada 13 Mei 2022, kementerian pertahanan Belgia dan Perancis telah menandatangani kontrak senilai €62 juta untuk mengakuisisi sembilan unit self-propelled howitzer 155mm 6×6 CAESAR NG.

Baca juga: Nexter Systems Kembangkan CAESAR 6X6 Mark II Next Generation 

CAESAR NG adalah versi modern dari CAESAR 6×6 generasi awal (seperti yang digunakan Armed TNI AD) yang diproduksi oleh perusahaan Perancis Nexter Systems. Dikutip dari armyrecognition.com (14/5/2022), disebutkan kontrak mencakup pengadaan sistem Komunikasi dan Sistem Informasi (CIS), peralatan dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mengintegrasikan howitzer artileri ke dalam jaringan yang saling berhubungan, peralatan, dokumentasi, dan materi pelatihan, seperti pemrograman amunisi, perangkat keras independen tambahan, dan perangkat lunak untuk mengontrol peralatan penembakan.

CAESAR NG merupakan varian yang ditingkatkan dari versi CAESAR sebelumnya, tetapi menggunakan meriam kaliber 155 mm/52 yang sama yang dipasang di bagian belakang sasis truk. Howitzer CAESAR memiliki jangkauan tembak maksimum 40 km dengan amunisi standar.

Pada Februari 2022, Nexter telah mendapatkan kontrak untuk mengembangkan sistem artileri CAESAR 6X6 NG untuk Angkatan Darat Perancis. Produksi CAESAR NG pesana Belgia akan dilakukan secara paralel dengan CAESAR NG yang diproduksi untuk militer Perancis, yaitu untuk menjaga interoperabilitas dan kerjasama dengan tentara Perancis dan Belgia. Menurut jadwal, unit perdana CAESAR NG mulai akan diterima Belgia pada tahun 2027.

Desain CAESAR NG 6X6 akan memiliki konfigurasi yang sama dengan versi sebelumnya, tetapi memiliki peningkatan baru dalam hal perlindungan dan mobilitas. CAESAR NG disokong mesin bertenaga baru yang menghasilkan 460 hp, bukan 260 hp seperti pada versi sebelumnya. CAESAR NG juga akan dilengkapi dengan transmisi otomatis baru dan sasis baru yang diproduksi oleh perusahaan Perancis ARQUUS.

Baca juga: Self Propelled Howitzer CAESAR TNI AD Jajal Loading/Unloading di C-130 Hercules TNI AU

Lapisan proteksi kabin truk CAESAR NG telah ditingkatkan untuk menawarkan lebih banyak perlindungan terhadap tembakan senjata ringan dan efek ledakan IED (Improvised Explosive Devices). Peningkatan yang ada pada CAESAR NG juga mencakup perangkat lunak kendali penembakan baru, sistem komunikasi radio CONTACT serta communication jamming system BARAGE yang diproduksi oleh Thales. (Gilang Perdana)

One Comment