PAF-L Kolombia – Kapal Patroli Sungai Spesialis Menghadapi Kartel Narkoba

Sebenarnya tak ada yang terlalu istimewa dari kapal patroli satu ini. Bekal persenjataan yang disiapkan boleh dibilang ‘pas’ untuk kelas senapan mesin. Namun, rancangan kapal patroli dengan cat hitam dof ini terlihat sangar karena fungsinya yang tak lazim, yaitu untuk patroli menghadapi kelompok teroris dan pengedar/kartel narkoba di wilayah sungai.

Baca juga:Β Susuri Sungai Kapuas, Presiden Jokowi Gunakan KAL Lemukutan

Ya, tupoksi kapal patroli yang diberi label Light River Support Patrol PAF-L ini memang untuk beroperasi di jalur sungai kecil yang sering digunakan untuk aksi peredaran narkoba. Dikutip dari Janes.com (15/12/2021), PAF-L disebut akan mulai diproduksi oleh galangan Kolombia Cotecmar pada Januari 2022. Cotecmar akan memproduksi kapal patroli di fasilitasnya yang terletak di pelabuhan Cartagena de Indias dengan perkiraan biaya sekitar US$9,7 juta. Kapal patroli ini dijadwalkan akan dikirim pada Juli 2022.

Tidak seperti umumnya kapal patroli di Indnesia, PAF-L adalah kapal patroli dengan perlindungan balistik. PAF-L punya panjang 30 meter, lebar 7 meter dan maximum load draft 1 meter. PAF-L dipersiapkan untuk melakukan patroli selama 12 hari. Meski tidak dijelaskan kecepatan maksimumnya, panser sungai dapat menngarungi sungai sejauh 1.560 km dengan kecepatan ekonomis 17,7 km per jam (setara 9 knots).

Baca juga:Β KMC Komando – Combat Boat TNI AD Dengan Remote Control Weapon System

Untuk persenjataan, PAF-L pada bagain buritan dibekali dengan dua pucuk senapan mesin berat M2HB kaliber 12,7 mm. Kedua senapan terintegrasi dalam satu kubah dengan kendali remote control weapon systems. Begitu pun dengan bagian buritan, terdapat dua senapan mesin yang disatukan dalam kubah, bedanya senjata pada buritan adalan senapan mesin sedang M60 atau GPMG kaliber 7,62 mm. PAF-L diawaki oleh 43 personel, termasuk di dalamnya perwira, anak buah kapal dan pasukan marinir. (Gilang Perdana)

9 Comments