Norinco QBZ-95-1: Lambang Supremasi Cina di Kelas Senapan Serbu Bullpup

Bila Inggris punya SA-80, Perancis dengan FAMAS, serta Austria melenggang dengan AUG Styer yang legendaris. Maka QBZ-95-1 menjadi wakil senapan serbu jenis bullpup yang kondang dari Asia. Dibuat oleh Norinco, debut QBZ juga dikenal sampai game PlayerUnknown’s Battle Ground atau yang biasa disebut PUBG. QBZ-95-1 merupakan varian keluarga QBZ-95. Identitas “1” menyiratkan adanya modifikasi dan peningkatan kemampuan pada senapan mesin yang kondang digunakan Pasukan Garnisun Cina di Hong Kong.

Baca juga: FAMAS – Senapan Bullpup Perancis, Ikut Jadi Pegangan Kopassus TNI AD

Meski Cina cukup adaptif untuk pasar ekspor, yaitu dengan meluncurkan QBZ-97 yang menggunakan kaliber NATO 5,56 x 45 mm, namun QBZ-95-1 tetap mempertahankan amunisi kaliber 5,8 x 42 mm pada QBZ-95-1, ebuah kaliber peluru yang bisa dibilang tidak biasa. Sebelum membahasnya lebih jauh, mungkin beberapa dari Anda tidak tahu bahwa QBZ merupakan singkatan dari Qīngwuqi Bùqiāng—Zìdòng (Bahasa Cina) atau dalam Bahasa Indonesia artinya adalah Senapan Serbu Otomatis Ringan. Sementara angka 95 yang tersemat di belakangnya merupakan tahun pembuatan senapan serbu ini – 1995.

Kendati dirakit pada tahun 1995, namun tampilan dari QBZ-95-1 ini sendiri bisa dibilang cukup futuristik, dengan predikat sebagai senjata bullpup yang disematnya. Bullpup merupakan senjata yang memiliki magasin yang berada di belakang pelatuknya.

Jika dilihat dari penampilannya, maka dimensi dari QBZ-95-1 sedikit lebih panjang ketimbang M4A1 karabin (sekitar 5,5 inci lebih panjang), dengan berat kurang lebih 3,25 kg. QBZ-95-1 ini dioperasikan dengan menggunakan metode short-stroke piston – sistem operasi yang digunakan untuk menyediakan energi guna mengoperasikan pengisian peluru pada senjata api secara otomatis. Adapun kecepatan tembakan dari senpur ini mencapai 650 putaran per menit.

Sejatinya, QBZ-95-1 ini merupakan salah satu jenis senjata yang kuat dan andal – kendati banyak pihak yang mengatakan bahwa senjata ini sudah tergolong kuno dan ketinggalan jaman. Banyak juga yang mengasumsikan bahwa senapan mesin ini merupakan lambang revolusi militer yang dimulai di Cina pada awal 1990-an dan berlanjut hingga hari ini.

Tercatat, varian senjata yang diproduksi oleh Norinco ini sudah diproduksi lebih dari tiga juta unit sejak dipertama kali dibuat pada tahun 1995. Tidak hanya di Cina, senjata ini juga pernah turut andil pada perang di barat laut Pakistan dan konflik internal di Myanmar.

Baca juga: SAR21 – Senapan Serbu Bullpup Paskhas dengan Desain Modular

Dari spesifikasi, dengan kecepatan luncur proyektil 930 meter per detik, senapan serbu ini punya jarak tembak tembak efektif hingga 400 meter untuk point target, dan 600 meter untuk area target. (Nurhalim)

5 Comments