Nissan Diesel UD330: Tank Transporter Pengusung Dua Unit BMP-3F Korps Marinir

Selain keberadaan kendaraan tempur lapis baja, hal lain yang menarik dari satuan kavaleri adalah sosok truk, khususnya truk trailer yang membawa tank dari markas ke daerah operasi. Punya tongkrongan sangar dengan desain perkasa, plus melihat apa yang dibawa dibelakangnya, menjadikan sosok truk trailer tank atau tank transporter menarik untuk diperhatikan. Dan bicara tentang truk trailer tank, Resimen Kavaleri Marinir TNI AL tergolong yang paling lengkap etalasenya.

Baca juga: Inilah Tatra T815-7, Tank Transporter Heavy Duty BMP-3F Korps Marinir TNI AL

Ada nama-nama truk trailer Marinir yang jarang ada persamaannya di lingkup truk sipil di Indonesia. Sebut saja Korps Marinir punya Wanshan WS2400 yang tampilannya bak truk pembawa rudal jelajah, kemudian ada Tatra T815-7 yang dikenal punya nama dalam jagad reli Paris Dakar, dua truk yang sudah menyandang spesifikasi militer. Sementara di masa lalu ada truk trailer Mercedes Benz yang kini tak lagi digunakan karena usia. Dan salah satu tank transporter baru yang ada di arsenal Korps Marinir adalah truk Nissan Diesel UD330.

Seperti terlihat dala foto di atas, Resimen Kavaleri 1/Marinir yang bermarkas di Surabaya, Jawa Timur menggunakan Nissan Diesel UD330 untuk menarik lowboy trailer ukuran panjang, yakni yang mampu membawa dua tank amfibi sekaligus.

Menurut informasi yang diperoleh, Nissan Diesel UD330 mulai digunakan Korps Marinir pada tahun 2013. Tak terlalu sulit melihat operator sipil yang juga mengoperasikan truk jenis ini, seperti PT Pertamina yang memakai jenis truk ini untuk menarik fuel trailer.

Truk ini diketahui menggunakan mesin enam silinder dengan tenaga sebesar 330PS. Dirunut dari spesifikasinya, Nissan Diesel UD330 mengadopsi mesin diesel MD92TB 9.000 cc in-line turbocharge intercooled diesel. Truk ini sanggup melesat hingga kecepatan maksimum 94 km per jam dan punya daya tanjak 0,36 derajat.

Baca juga: Bedford MT РTank Transporter Batalyon Kavaleri TNI AD

Bobot kosong truk ini adalah 7.465 kg dan berat total kendaraan atau gross vehicle weight (GVW) mencapai 45 ton, ini artinya memang ideal untuk membawa truk dua unit tank amfibi Marinir. Sebagai contoh, bobot satu unit tank amfibi BMP-3F mencapai 18,7 ton, maka truk ini tak akan kesulitan untuk membopong dua unit BMP-3F. (Gilang Perdana)

5 Comments