Moskow dalam Jangkauan, Finlandia Order Rudal Jelajah Jarak Jauh AGM-158B JASSM ER untuk F-35A

Dengan bergabungnya Finlandia sebagai anggota NATO, maka otomatis negara di Skandinavia itu mendapat prioritas pengadaan alutsista dari Amerika Serikat. Dan melengkapi pembelian 64 unit jet tempur stealth F-35A Lightning II yang unit batch perdananya tiba pada tahun 2026, Kementerian Pertahanan Finlandia, belum lama ini dikabarkan juga telah mengorder rudal jelajah jarak jauh AGM-158B JASSM (Joint Air-to-Surface Standoff Missile) ER (Extended Range).

Baca juga: Kesepakatan Alih Teknologi dengan Finlandia, Jet Tempur F-35A Block 4 Akan Dirakit di Nokia

Pengiriman AGM-158B JASSM ER nantinya akan selaras dengan jadwal integrasi F-35A di Angkatan Udara Finlandia. Pada tanggal 31 Mei 2024 Menteri Pertahanan Finlandia Antti Häkkänen mengumumkan pihaknya mengakuisisi AGM-158B JASSM ER produksi Lockheed Martin.

Sebelum bergabung menjadi anggota NATO, Angkatan Udara Finlandia sudah menggunakan rudal varian ‘A’ (AGM-158A JASSM), yang disiapkan untuk diluncurkan dari jet tempur Boeing FA-18C/D Hornet.

AGM-158A JASSM dan F/A-18C Hornet Finlandia.

Pengumuman akuisisi JASSM-ER oleh Finlandia terjadi empat tahun setelah Washington menyetujui rencana penjualannya ke Finlandia. Ini adalah bagian dari paket yang lebih luas yang bertujuan untuk mendukung tawaran F-35A ke dalam Finnish Air Force’s HX program, yang dimaksudkan untuk menggantikan armada jet tempur Hornet.

Sebagai perbandingan, AGM-158A JASSM punya jarak jelajah 370 kilometer, sementara AGM-158B JASSM ER mampu menjangkau sasaran hingga 1.000 kilometer berkat adopsi mesin turbofan baru dan tambahan kapasitas bahan bakar. Bila ditelaah lebih jauh, jangkauan JASSM ER yang mencapai 1.000 kilometer membawa ancaman serius bagi Rusia, pasalnya dengan diluncurkan dari wilayah perbatasan Finlandia, maka rudal tersebut bukan hanya dapat menyasar kota utama seperti Saint Petersburg, melainkan Moskow juga dalam jangkauan AGM-158B JASSM ER.

Dengan jangkauan sekitar 1.000 kilometer, AGM-158B JASSM ER akan memberi jet tempur Angkatan Udara Finlandia kemampuan untuk menyerang sasaran sambil tetap berada di luar jangkauan operasional pertahanan udara musuh selama serangan dilakukan.

“Pengadaan yang akan dilakukan oleh Finnish Defence Forces Logistics Command melengkapi kemampuan sistem tempur multiperan F-35 dengan amunisi berpemandu presisi yang punya jangkauan yang lebih jauh dibandingkan varian sebelumnya,” kata juru bicara Finnish Defence Forces Logistics Command.

Sesuai LOA (Letter of Approval), akuisisi tersebut akan mencakup rudal, dokumentasi, suku cadang pengganti, peralatan, layanan transportasi serta pelatihan sampai layanan perbaikan dan dukungan terkait pada tahun 2024. sampai 2031.

Pernyataan dari Komando Logistik Angkatan Pertahanan Finlandia mengutip Kolonel Henrik Elo: “Jangkauan, keakuratan, dan kemampuan bertahan dari efek senjata pada dasarnya akan berkontribusi pada tindakan penanggulangan kita untuk menghentikan calon agresor. Terlepas dari fitur-fitur F-35 lainnya, pengadaan saat ini akan meningkatkan kemampuan pertahanan kami secara signifikan.”

Selain Finlandia, negara NATO pengguna F-35 yang juga memesan AGM-158B JASSM ER adalah Belanda, Polandia dan Jerman. (Bayu Pamungkas)

F-15J Eagle Jepang Bakal Dipasangi Rudal Jelajah Jarak Jauh AGM-158B JASSM-ER

4 Comments