Misterius! Penampakan Kapal Selam Diesel Listrik Cina “Terbaru” Bikin Geger

(Capture Twitter)

Jagad monster bawah laut kembali dibuat geger dengan tayangan video singkat yang memperlihatkan jenis kapal selam baru yang misterius milik Cina. Disebut misterius, lantaran kapal selam ini belum dapat diidentifikasi tipenya oleh para analis. Namun, dari penampakan kapal selam yang tengah melakukan uji pelayaran tersebut merupakan kapal selam dari jenis diesel listrik.

Baca juga: Sosok Kapal Selam Misterius Yuan Class Type 039C Terekam Secara Candid

Bila melihat sekilas, akan terlihat kapal selam misterius yang dimaksud adalah Type 039C Yuan Class produksi Wuchang Shipyard. Type 039C Class adalah kapal selam diesel listrik andalan Cina, dimana kapal selam ini menggunakan teknologi AIP (Air Independent Propulsion) Stirling. Namun, para analis pertahanan, termasuk HI Sutton yang akrab menulis tentang kapal selam di situs Navalnews.com, berpendapat bahwa kapal selam yang tampil dalam video singkat bukanlah Type 039C Yuan Class.

Dari postingan foto dan video yang beredar pada 8 Februari kemarin, maka terlihat kapal selam yang masih dalam pengujian itu punya desain lambung tunggal yang lebih pendek dibandingkan Yuan Class. Para ahli memperkirakan kapal selam misterius ini punya panjang sekitar 48 meter. Sebagai perbandingan, kapal selam China Type 039A punya panjang 77,7 meter dan lebar 8,6 meter.

Bukti lain yang mengindikasikan ini adalah kapal selam baru adalah posisi dive planes, dimana pada kapal selam misterius ini bilah dive planes terdapat pada bagian lambung depan. Sebaliknya Type 039 Yuan Class posisi dive planes berada pada conning tower.

Baca juga: Bentuk Menara Identik, Desain Kapal Selam Type 039C Cina Diduga Copas dari A26 Class Swedia

Secara umum, sangat sedikit yang diketahui tentang kapal selam Cina baru ini, tetapi dengan adanya penampakan ini memperkuat fakta bahwa Beijing telah banyak berinvestasi dalam pengembangan kapal selam konvensional yang lebih kecil, serta dalam proyek-proyek kapal selam bertenaga nuklir yang lebih besar. (Gilang Perdana)

5 Comments