MBT M1A1 SA Abrams Ukraina Dipasangi Lapisan Proteksi ARAT pada Sisi Lambung

Photo credit: Twitter

Main Battle Tank (MBT) M1A1 SA (Situational Awareness) Abrams donasi dari Amerika Serikat untuk Ukraina telah dikerahkan di garis depan peperangan. Namun sampai artikel ini diposting, belum ada kabar duel yang melibatkan Abrams Ukraina dengan MBT Rusia. Meski begitu, cepat atau lambat, Abrams akan bertarung dengan rivalnya dari Rusia, dan sebelum duel itu terjadi, rupanya Abrams Ukraina telah dilengkapi dengan lapisan proteksi khusus pada sisi lambungnya.

Baca juga: Ukraina Rilis Foto Perdana MBT M1A1 SA Abrams di Garis Depan Pertempuran 

Dari video yang diposting oleh sumber-sumber Ukraina menunjukkan upgrade pada MBT M1A1 SA Abrams yang dikirim ke Ukraina telah dibekali dynamic protection. Dikutip Bulgarianmilitary.com, para analis militer menyebut bahwa lapisan proteksi yang dipasang pada MBT Abrams Ukraina adalah generasi pertama ARAT (Abrams Reactive Armor Tiles).

Dari foto terlihat ARAT dynamic protection telah dipasang pada sisi lambung tank. Namun komponen proteksi ini tidak terlihat di area penting lainnya seperti bagian depan dan samping turret atau bagian depan lambung.

Pola ini sejalan dengan adopsi M1A1 SA Abrams yang digunakan US Army, di mana lapis baja reaktif jarang ditemukan di tempat lain kecuali sisi lambung tank. Sebanyak 31 unit M1A1 SA Abrams pada awalnya diberikan ke Ukraina tanpa sistem perlindungan dinamis (dynamic protection systems), serupa dengan kondisi pada ranpur Infanteri Fighting Vehicle (IFV) M2A2 Bradley. Namun kemudian, keputusan dibuat untuk melengkapi mereka dengan modul lapis baja tambahan.

Adopsi ARAT bemula dari pengalaman tempur AS di Irak pada tahun 2004, sistem ARAT secara eksplisit dibuat untuk melindungi M1A1 dan M1A2 Abrams. Fondasi desainnya bertumpu pada Bradley Reactive Armor Tiles (BRAT) yang sukses.

 

Pada generasi pertamanya yang disebut ARAT-1, modul yang dikenal sebagai M19 dipasangkan pada MBT, meski data eksplisit mengenai kemampuannya masih dirahasiakan. Dengan ARAT, dapat disimpulkan bahwa lapisan proteksi ini dapat memperkuat pertahanan tank terhadap amunisi kumulatif, memberikan tingkat perlindungan hingga 70 persen dari lapisan baja utama tank.

M1A1 SA bukan varian tercanggih di keluarga Abrams. Namun M1A1 SA yang diproduksi pada tahun 2006, memiliki tingkat ketersediaan dan operasional yang tinggi. Sekitar 650 unit dari MBT berbobot 67 ton ini masih dalam layanan aktif pada tahun 2022. Namun dengan datangnya M1A2 yang ditingkatkan dari pabrik General Dynamics di Lima, Ohio, M1A1 SA mungkin akan pensiun dalam beberapa tahun mendatang.

Varian M1A1 SA menawarkan peningkatan kemampuan, termasuk pengintaian laser (laser rangefinder) yang ditingkatkan dan kamera pencitraan termal yang terintegrasi ke dalam sistem penglihatan utama penembak.

Penglihatannya yang stabil (stabilized sight) memungkinkan stabilisasi dua bidang, sementara pengintai secara akurat mengukur jarak sasaran dari 200 hingga 7990 meter dan dapat menerima solusi balistik hingga 3990 meter.

Baca juga: Belajar dari Perang Ukraina, Angkatan Darat AS Umumkan Pengembangan MBT M1E3 Abrams

Selain itu, stabilized remotely controlled weapon station melengkapi komandan tank untuk menembakkan senapan mesin berat secara presisi, bahkan saat tank sedang bergerak. Tank ini juga dilengkapi dengan sistem kontrol dan pemantauan digital yang dikenal sebagai Blue Force Tracking, yang memfasilitasi pengenalan ‘teman-atau-lawan’. (Bayu Pamungkas)