Korps Paskhas Resmi Gunakan ILSV J-Force 4×4 dengan RCWS

ILSV J-Force dengan RCWS (TNI AU)

Setelah Kopaska, Korps Paskhas saat ini menjadi satuan di TNI yang mengoperasikan rantis lapis baja ILSV (Indonesia Light Strike Vehicle) J-Force. Mengutip dari akun Twitter @_TNIAU, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo pada Senin (28/12/2020), meninjau rantis J-Force di Pelataran Gedung Raden Suryadi Suryadarma Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur.

Baca juga: ILSV 4ร—4 – Rantis Serbu Multirole dengan Sasis dan Mesin Toyota Hilux

Masih dari sumber yang sama, disebut J-Force akan digunakan oleh oleh Paskhas untuk misi penyerangan, pengintaian, komunikasi, patroli jarak jauh, dan bantuan kemanusiaan. Rantis lapis baja dengan kapasitas mesin 2.982 cc ini dihadirkan dalam dua varian untuk Paskhas, yaitu varian kubah RCWS (Remote Control Weapon System) dengan senapan mesin berat, dan varian kubah putar manual dengan senapan mesin sedang.

ILSV pada dasarnya berupa rantis 4ร—4 multirole yang dibangun dari sasis Toyota Hilux Generasi VII. Selain sasis, komponen lain yang dicomot dari Toyota Hilux adalah mesin, drivetrain dan kaki-kaki. Kaki-kaki hanya diubah seperlunya saja, terutama pada bagian sokbreker tanpa adanya suspension lift kit. Dengan adopsi mesin dari kendaraan eksisting dinilai akan mempermudah dalam hal suku cadang dan perawatan.

ILSV J-Force dengan kubah manual (TNI AU)

Dalam menuangkan konsep ILSV, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) berkolaborasi dengan perusahaan swasta nasional PT Jala Berikat Nusantara Perkasa (PT Jala), perusahaan yang bergerak dalam bidang armour.

Meski sasisnya mengadopsi kendaraan eksisting, ILSV berwujud sebagai kendaraan yang ideal untuk mendukung misi tempur. Sasis dan kerangka bodi disatukan dengan pengelasan. Konstruksi bodi ditanamkan dengan cara dilas tanpa ada lagi karet bodi dan baut yang menyatukan antara sasis dan bodi. Sehingga bisa dikatakan, kendaraan ini berubah menjadi monokok. Pilar yang menjadi struktur kendaraan ini terdiri atas hollow dan tube seamless.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meninjau J-Force (TNI AU)

Dapur pacu ILSV adalah mesin diesel 1KD-FTV 2.982 cc 16 silinder commonrail dengan variable geometry turbocharger dan intercooler. Pancaran kekuatan mesin ini mencapai 172 hp dan torsi 352 Nm. ILSV menggunakan transmisi matik 4 percepatan dan transfercase 2 percepatan part-time merupakan partner bawaan mesin.

ILSV dapat digeber hingga kecepatan 100 km per jam, dengan kapasitas bahan bakar 100 liter, secara teori ILSV dapat menjelajah sejauh 870 km.

Baca juga: ILSV-RTV – Rantis ATV Beroda Rantai Karet

Sebagai rantis tempur, ILSV sudah memakai tipe ban run flat, dan pada demo produk yang diperlihatkan di Indo Defence 2016, ILSV nampak menggunakan ban Maxxis yang dipadu dengan pelek besi dari American Wheels. Untuk menunjang beragam operasi militer, pada bagian kiri dan kanan terdapat kompartemen yang disiapkan sebagai tempat senjata pelontar granat, bazoka ataupun RPG. (Gilang Perdana)

5 Comments