Kim Jong Un Tampil dengan Gaya Sinematik di Peluncuran Rudal Balistik Antarbenua Hwasong-17

Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara yang fenomenal dengan segudang kontroversi, kembali membuat geger dunia, kali ini dengan kemunculannya di video peluncuran rudal balistik Hwasong-17 yang dirilis stasiun TV Nasional Korea Utara. Seperti terlihat dalam video ini, Kim Jong Un bukan sebatas meninjau rudal, tapi lumayan masif dengan gaya bak selebritis di peluncuran rudal balistik antar benua tersebut.

Baca juga: Berselubung Peluncuran Rudal Balistik, Korea Utara Sukses Luncurkan Satelit Intai

Menurut media pemerintah Korea Utara, KCNA, Kim Jong Un memimpin uji coba rudal Hwasong-17 pada 24 Maret lalu. Hwasong-17 disebut-sebut dapat menjangkau sasaran sejauh 13.000 km hingga ketinggian maksimum 6.248,5 km dan dapat mengenai sasaran di laut sebelah barat Jepang sampai wilayah Amerika Serikat.

Hwasong-17 adalah ICBM (Intercontinental Ballistic Missile) raksasa yang pertama diluncurkan pada Oktober 2020 dan dijuluki sebagai “rudal monster” oleh para analis. Hwasong-17 sebelum ini belum pernah berhasil diuji tembak, dan peluncurannya langsung memicu kemarahan dari Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat.

Dari spesifikasi, Hwasong-17 memang tiada tanding, rudal dengan bahan bakar cair penuh ini punya panjang 26 meter dan diameter 2,5 meter, untuk beratnya ditaksir ada di rentang 80 – 110 ton. Sumber tenaga Hwasong-17 menggunakan 4 RD-250-type rocket engines.

Hwasong-17 dapat membawa hulu ledak nuklir dan kemungkinan mengusung multiple re-entry vehicle (MRV). Rudal ini pertama kali terlihat pada parade militer hari ulang tahun ke-75 berdirinya Partai Buruh pada Oktober 2020. Hwasong-17 ditampilkan untuk kedua kalinya pada pameran pertahanan di Pyongyang pada bulan Oktober tahun berikutnya.

Baca juga: Bak Adegan Film Sci-fi, Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik dari Atas Kereta Api

Lantaran dimensi dan bobotnya yang ajib, maka platform kendaraan peluncurnya juga harus monster, Hwasong-17 dibawa kendaraan Transporter erector launcher (TEL) dengan 11 sumbu roda. (Gilang Perdana)

10 Comments