KF-21 Boramae Varian Tandem Seat Sukses Terbang Perdana, Dirancang untuk Latih Tempur dan SEAD

Prototipe jet tempur KF-21 Boramae varian tandem seat (kursi ganda) diwartakan telah sukses melakoni penerbangan perdana. Uji terbang tersebut berlangsung pada 20 Februari 2023. Prototipe versi latih tempur tersebut lepas landas dari 3rd Flying Training Wing Angkatan Udara Korea Selatan yang berbasis di Bandara Sacheon.

Baca juga: Prototipe KF-21 Boramae Tembus Mach 1, Jadi Pesawat Supersonik ‘Pertama’ Produksi Korea Selatan

Penerbangan perdana KF-21 varian tandem seat diawaki seorang pilot dari 52 Test Evaluation Group selama 34 menit. Defence Acquisition Programme Administration (DAPA), badan yang menaungi proyek jet tempur ini menyebut, bahwa penerbangan perdana KF-21 tandem seat dilakukan untuk mengevaluasi efek perbedaan bentuk dari tipe kursi tunggal pada pesawat, sistem radar AESA (Active Electronically Scanned Phased Array) dan uji avionik.

Ini merupakan prototipe keempat KF-21 Boramae yang telah diterbangkan oleh Korea Aerospace Industries (KAI), namun menjadi yang pertama bagi prototipe varian tandem seat.

DAPA melaporkan bahwa penambahan kokpit belakang memerlukan sedikit modifikasi pada ruang tangki bahan bakar internal, tetapi desain pesawat memiliki bentuk yang sama dengan varian kursi tunggal (single seat).

Namun, selama uji terbang, tujuan penerbangan prototipe keempat KF-21 ini adalah untuk menguji perbedaan selubung penerbangan dan kinerja dibandingkan dengan model kursi tunggal. Langkah selanjutnya adalah evaluasi radar dan avionik AESA, karena KF-21 Boramae varian tandem seat tidak hanya akan digunakan untuk pelatihan pilot, tetapi juga akan memiliki kemampuan tempur penuh.

Dengan mengubah ruang belakang menjadi ruang bagi operator sistem (weapon systems offier/WSO), maka kelak KF-21 varian tandem seat juga dapat difungsingkan untuk misi man-machine partnership with unmanned combat aircraft or drones.

Baca juga: Prototipe Ketiga KF-21 Sukses Terbang Perdana, KAI Jadwalkan Uji Kecepatan Supersonik Bila Cuaca Memungkinkan

Selain menjadi pesawat latih tempur, model tandem seat juga memungkinkan bagi pengembangan KF-21 dalam mendukung misi peperangan elektronik dan penghancuran pertahanan udara musuh – Suppression/Destruction of Enemy Air Defenses (SEAD/DEAD). Kemampuan ini sangat penting untuk mengatasi pertahanan anti pesawat yang semakin canggih dan padat di medan perang. (Gilang Perdana)

7 Comments