Kapal Selam Type 218SG “Invicible Class” Singapura Memulai Tahapan Sea Trial

Gegara pandemi Covid-19 telah berdampak langsung pada jadwal penyerahan kapal selam tercanggih di Asia Tenggara, Type 218SG. Awalnya, AL Singapura dijadwalkan akan menerima kedatangan unit perdana kapal selam Type 218SG pada tahun 2021. Namun, akibat terhambatnya rantai pasokan pada perangkat yang akan di-install, maka kapal selam produksi ThyssenKrupp Marine, Jerman, ini baru akan diserahkan ke Singapura pada tahun 2022.

Baca juga: Gegara Covid-19, Jadwal Penyerahan Kapal Selam Type 218SG “Invicible Class” Singapura Molor

Meski begitu, ada kabar terbaru, bahwa Kapal selam perdana yang diberi label RSS Invicible, diketahui telah memulai rangkaian sea trial. Dikutip dari Navalnews.com (2/9/2020), disebutkan tahapan sea trial kapal selam dengan teknologi Air Independent Propulsion (AIP) ini telah dimulai pada Senin, 31 Agustus lalu di Kiel. Sebagai informasi, RSS Invicible telah diluncurkan dari galangan pada 18 Februari 2019.

Menurut H I Sutton’s dalam World Submarines Covert Shores Recognition Guide, desain Type 218SG memanfaatkan pengalaman ThyssenKrupp Marine dalam memproduksi kapal selam Type 214, Type 216 dan Dolphin 2 Class. Type 218SG mengandalkan Konfigurasi kemudi X yang memungkinkan pengoperasian kapal selam di perairan pesisir yang dangkal. Guna mendukung operasi pasukan khusus, kapal selam canggih ini dilengkapi fasilitas Horizontal Multi-Purpose Lock (HMPL) yang terletak di haluan, di samping tabung peluncur torpedo.

Foto-foto: Navalnews.com

Total AL Singapura akan mendapatkan empat unit Type 218SG, dimana ketiga unit Type 218SG kini sedang dalam proses pembangunan. Rencananya unit Type 218SG terakhir akan diserahkan ke AL Singapura pada tahun 2024. Bagi Singapura, kehadiran kapal selam Type 218SG memberi efek deteren strategis, terutama sebagai pemain kunci dalam Sea Lines of Communications (SLOC), dimana kekuatan armada kapal perang Singapura langsung terkait dengan kondisi di Selat Malaka dan kawasan Laut Cina Selatan.

Baca juga: Type 218SG Kini Berlabel “Invicible Class,” Inilah Spesifikasi Kapal Selam Tercanggih di Asia Tenggara

Dengan AIP fuel cell menjadikan kapal selam berbobot 2.000 ton ini punya kemampuan endurance di bawah permukaan 50 persen lebih lama ketimbang kapal selam diesel listrik konvensional. Panjang lambung kapal selam ini mencapai 70 meter dan lebar 6,3 meter. (Gilang Perdana)

40 Comments