Gegara Covid-19, Jadwal Penyerahan Kapal Selam Type 218SG “Invicible Class” Singapura Molor

Pandemi Covid-19 yang melanda seantero Eropa, rupanya turut berimbas pada jadwal penyerahan kapal selam tercanggih di Asia Tenggara, Invicible Class” atau Type 218SG. Sejatinya, AL Singapura dijadwalkan akan menerima kedatangan unit perdana kapal selam Type 218SG pada tahun 2021. Namun, akibat terhambatnya rantai pasokan pada perangkat yang akan di-install, maka kapal selam produksi ThyssenKrupp Marine, Jerman, ini baru akan diserahkan ke Singapura pada tahun 2022.

Baca juga: Type 218SG Kini Berlabel “Invicible Class,” Inilah Spesifikasi Kapal Selam Tercanggih di Asia Tenggara

Dikutip dari Janes.com (30/6/2020), kabar mengenai perubahan jadwal penyerahan kapal selam Type 218SG telah diwartakan oleh pihak Kementerian Pertahanan Singapura pada 29 Juni lalu. Kapal selam perdana yang diberi label RSS Invicible, telah diluncurkan dari galangan di Kiel pada 18 Februari 2019. Setelah peluncuran, RSS Invicible akan memasuki tahap instalasi perangkat dan berlanjut ke fase sea trial. Sumber dari Janes.com menyebut, sampai saat ini, RSS Invicible belum memasuki tahap sea trial.

Ketiga unit Type 218SG kini sedang dalam proses pembangunan, dimana unit terakhir akan diserahkan ke AL Singapura pada tahun 2024. Bagi Singapura, kehadiran kapal selam Type 218SG memberi efek deteren strategis, terutama sebagai pemain kunci dalam Sea Lines of Communications (SLOC), dimana kekuatan armada kapal perang Singapura langsung terkait dengan kondisi di Selat Malaka dan kawasan Laut Cina Selatan.

Kapal selam ini memiliki stern rudder berbentuk X untuk meningkatkan kemampuan manuver di perairan pesisir yang dangkal, dan konsol operator khusus yang telah dirancang sesuai dengan ergonomi personel angkatan laut Singapura.

Type 218SG punya bobot 2.000 ton saat di permukaan, sementara bobot kapal saat menyelam bertambah menjadi 2.200 ton. Kapal selam canggih besutan Negeri Bavaria ini juga dilengkapi dengan teknologi AIP (Air Independent Propulsion), persisnya Invicible Class mengapdopsi AIP dengan basis fuel cell. Dengan AIP fuel cell menjadikan kapal selam ini punya kemampuan endurance di bawah permukaan 50 persen lebih lama ketimbang kapal selam diesel listrik konvensional. Panjang lambung kapal selam ini mencapai 70 meter dan lebar 6,3 meter.

Baca juga: Persiapkan Awak Kapal Selam Type 218SG, AL Singapura Kembangkan Submarine Trainer Suite

Singapura di tahun 2013 meneken kontrak pengadaan dua unit kapal selam mutakhir Type 218 yang masih berwujud konsep. Bahkan sebagai negara pengorder pertama, pihak manufaktur dari Jerman, ThyssenKrupp Marine Systems memberi label ‘kehormatan’ kapal selam ini sebagai Type 218SG. Kemudian pada 16 Mei 2017, Singapura menambah pesanan dua unit Type 218SG, hingga AL Singapura bakal memiliki total empat unit Type 218SG. Dari kontrak yang telah disepakati, unit kapal selam terakhir akan diserahkan pada 2024. (Haryo Adjie)

27 Comments