Helikopter Serang Mi-24 Hind dengan Cat dan Logo US Coast Guard, Ini Faktanya!

Di dekade 90-an sempat diramaikan oleh beberapa foto yang memperlihatkan sebuah helikopter Mil Mi-24V dengan logo dan livery US Coast Guad – Penjaga Pantai Amerika Serikat. Jelas itu merupakan ‘penampakan’ yang tak lazim, lantaran bagaimana mungkin US Coast Guard yang punya armada helikopter serba canggih, namun justru mengoperasikan platform helikopter serang yang punya gelar “Flying IFV (Infantry Fighting Vehicle)”.

Baca juga: Mil Mi-35P – The “Flying IFV” – Pencipta Teror dari Udara

Nah, faktanya kejadian di atas nyata, bahwa itu bukan visual hasil rekayasa atau editan, alias benar adanya bahwa helikopter Mi-24V (kode NATO Hind-E) di-cat dengan livery US Coast Guard. Namun, semua itu dilakukan untuk keperluan syuting film. Alkisah pada tahun 1991, produser asal Rusia merilis film bergenre action berjudul “Charged with Death – (Zarjazhennye smert’ju)” yang disutradarai Vladimir Plotnikov.

Film itu menceritakan operasi gabungan dari Armada Kapal Penjaga Pantai Rusia dengan helikopter US Coast Guard untuk membebaskan kapal nelayan yang dibajak oleh kriminal di Perairan Pasifik Utara. Dan bisa ditebak, maksud dari sutradara menggunakan Mi-24V yaitu untuk memerankan helikopter Sikorsky MH-60 Jayhawk. Dalam syuting itu, Mi-24V dengan livery US Coast Guard diawaki oleh Vladimir Antonik dan Anatoly Vedyonkin.

Meski mencoot logo US Coast Guard, penempatan logo kesatuan tetap menghormati skema asli dengan detail kecil pada logo US Coast Guard. Perlu dicatat, pasca Uni Soviet bubar di tahun 1991, hubungan Rusia dengan Amerika Serikat mulai membaik. Tetapi untuk keperluan syuting, sepertinya sulit dalam perizinan dan mahal untuk menggunakan aset (helikopter asli) milik US Coast Guard.

Menampilkan helikopter lawan yang didandani dari helikopter lain juga dilakukan dalam beberapa kali terjadi dalam sekuel film action. Salah satunya yang cukup terkenal adalah SA-330 Puma yang dipermak menjadi helikopter serang Mi-24 Hind dalam film Red Dawn (1984), Rambo II (1985) dan Rambo III (1988).

Baca juga: SA-330 Puma – Helikopter “Angkut Berat” TNI AU Era-80an

Maklum saat Perang Dingin, produser film masih kesulitan mendapat ‘pinjaman’ Mi-24 asli, alhasil SA-330 yang di make up ala heli Mi-24. Untuk memberi kesan kuat Mi-24, SA-330 sampai dibuatkan wing khusus untuk platform roket, tentu saja itu semua hanya fake. (Gilang Perdana)

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *