Ganilla 2.0, Truk ‘Mirip’ Peluncur Rudal Balistik Masuk ke Kargo C-130 Hercules TNI AU

(Twitter @Jatosint/@LembagaKERIS)

Lantaran pernah ditawarkan Rusia untuk Asia Tenggara, dan belakangan ini kembali ‘naik daun’ pasca disebut sebagai rudal balistik ‘tidak berguna’ oleh Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan, nama rudal balistik Iskander menjadi santer dibicarakan, termasuk oleh warganet di Indonesia. Alih-alih, tak sedikit yang punya mimpi agar Indonesia juga memiliki rudal hipersonik ini, sampai sebuah postingan di media sosial sempat membuat warganet dibuat heran.

Baca juga: Buntut Pernyataan PM Armenia yang Sebut Rudal Iskander “Tidak Berguna,” Inilah Reaksi dari Rusia!

Seperti nampak dalam foto yang diposting akun Twitter @Jatosint, sempat membuat warganet terpana, nampak sebuah truk dengan label Pasgat (Korps Paskhas) dengan desain peluncur rudal Iskander, terlihat tengah memasuki ruang kargo pesawat angkut C-130 Hercules.

Dari segi tongkrongan dan cat yang sangar, truk yang dimaksud memang begitu meyakinkan bahwa itu berisikan arsenal alutsista. Tapi, yang jadi pertanyaan, truk jenis apakah itu? Lantaran tidak ada proyeksi TNI bakal membeli rudal balistik dalam waktu dekat ini.

Usut punya usut, setelah melihat ke situs PT Merpati Wahana Raya (MWR) – merpatiwahanaraya.com, maka bisa dipastikan bahwa yang diduga sebagai truk berisi rudal balistik itu adalah Ganilla 2.0 Kitchen Truck. PT MWR sebelumnya sudah pernah merilis truk serupa, yaitu Ganilla 1.0 yang digunakan oleh Batalyon Perbekalan dan Peralatan (Yonbekpal) Korps Marinir. Meski sama-sama bertampang sangar, namun ada perbedaan yang kentara, seperti Ganilla 2.0 terlihat lebih pendek.

(Twitter @Jatosint/@LembagaKERIS)

Dari situsnya, disebut Ganilla 2.0 memang dirancang untuk dapat dibawa dengan pesawat angkut C-130H/HS Hercules. Ganilla 2.0 punya desain lebih kompak, seperti sumber listrik, LPG dan dapur terintegrasi dalam kendaraan. Ganilla 2.0 punya kapasitas masak 200-300 pax dalam waktu tiga jam (tidak termasuk persiapan).

Tapi jangan anggap sepele kehadiran Ganilla, pasalnya dukungan logistik berupa ketersediaan makanan siap saji sangat vital dalam menunjang keberhasilan suatu operasi. Tanpa logistik yang memadai, gelar suatu operasi bisa menjadi malapetaka.

Baca juga: Ganilla – Kitchen Truk Marinir dengan Desain Futurisktik

Menu yang dapat disiapkan oleh tim Ganilla mengacu pada standar militer yang disajikan dalam waktu antara 2,5 jam hingga 3 jam. Fasilitas yang ada pada dapur nampak mewah dan sangat lengkap untuk sekelas kitchen truck. Peran yang dijalankan Ganilla tak melulu untuk mendukung operasi militer, model kitchen truk juga dapat diandalkan untuk operasi militer non perang, seperti pada aksi tanggap bencana. (Gilang Perdana)

21 Comments