Gagal Lepas Landas, F-16 Belgia Jatuh Saat Latihan di Belanda

Nun jauh di Belanda, ada kabar bahwa hari Kamis pagi (1/7/2021)  pukul 09.22, telah terjadi insiden di Lanud Leeuwarden. Persisnya sebuah F-16C milik AU Belgia yang tengah berlatih di Belanda, mengalami gagal tinggal landas, pesawat dilaporkan menghujam dan menambrak bangunan di pangkalan udara tersebut.

Baca juga: F-16 eks Yordania Dijual Ke Publik dalam Kondisi Serviceable

Dikutip dari nltimes.nl, pilot jet tempur tersebut berhasil selamat dengan melontarkan diri sesaat sebelum crash terjadi. Namun, naasnya ada dua personel di darat yang mengalami luka-luka atas insiden ini. Pihak militer Belanda dan Belgia sejauh ini belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut, selain tentunya sebab musabab insiden masih harus diselidiki lebih lanjut.

Lanud Leeuwarden selama ini dikenal sebagai basis operasi untuk F-16 Belanda. Seperti halnya Belanda, Belgia juga merupakan operator F-16, dan kedua negara yang menjadi anggota inti NATO itu secara bertahap akan menggantikan armada F-16 tuanya dengan F-35A Lightning II.

(Foto-foto: Twitter @air_intel)

Ini bukan pertama kalinya F-16 Belgia mengalami insiden crash di luar negeri, sebelumnya pada 19 September 2019, F-16 Belgia mengalami insiden saat misi pelatihan dan jatuh di Perancis barat. Kedua pilot dapat menyelamatkan diri tepat pada waktunya, namun satu di antaranya harus menghabiskan waktu hingga dua jam tersangkut di kabel listrik bertegangan tinggi sebelum dapat diselamatkan.

Dilansir AFP, insiden tersebut menimpa jet tempur F-16 milik Belgia yang sedang dalam misi latihan dan tidak dilengkapi persenjataan. Pesawat tempur itu terbang dari Belgia menuju pangkalan udara Perancis, namun jatuh di kawasan perumahan di Morbihan, dekat kota Pluvigner. Beruntung tak hanya kedua pilot pesawat tempur yang selamat, tetapi juga tidak ada korban luka maupun jiwa di darat.

Masih ada lagi cerita unik tentang F-16 Belgia, yaitu pada 12 Oktober 2018, diwartakan F-16 Belgia mengalami total lost setelah seorang teknisi pesawat tidak sengaja menembakkan kanon Vulcan di Pangkalan Udara Florennes di daerah Walloon, Belgia Selatan.

Baca juga: AS Tawarkan Filipina 12 Unit F-16 Viper, Sanggupkah Dibeli?

Kejadian ini berawal saat teknisi pesawat tengah melakukan perawatan F-16 yang berada di dekat jalur penerbangan di hanggar terdekat. Kemudian dia tidak sengaja menembakkan kanon Vulcan 20mm M61A-1 saat F-16 dinyalakan. Ternyata proyektil kanon itu menghantam F-16 dan dua pesawat lainnya. (Gilang Perdana)

22 Comments