Functional Check Flights, Ini Alasan F-16 AU Belanda Lakukan Sonic Boom di Atas Daratan dan Lautan

Kementerian Pertahanan Belanda belum lama ini menyatakan bahwa beberapa jet tempur F-16 Fighting Falcon milik Angkatan Udara Kerajaan Belanda akan menjalani uji terbang (test flight) atau pemeriksaan fungsional (functional checks). Untuk itu bagi warga Negeri Kincir Angin yang tinggal berada di sekitar lokasi pangkalan, maka harus siap-siap mendengar apa suara yang keras, dimana F-16 akan memecahkan penghalang suara di tengah penerbangan.

Baca juga: Terganggu Deru Mesin F-16 Singapura, Warga Lanud Udon Thani (Thailand) Lakukan Protes

Dikutip Bulgarianmilitary.com, Kementerian Pertahanan Belanda menekankan bahwa kesiapan Angkatan Udara tidak hanya bergantung pada pilot, melaikan pesawat itu sendiri harus berada dalam kondisi puncak, siap untuk dikerahkan dengan cepat dan sukses pada saat itu juga, di mana pun di seluruh dunia. Hal tersebut memerlukan perawatan rutin terhadap armada F-16 AM Belanda yang jumlahnya mencapai 40 unit (single seat).

Penerbangan pemeriksaan fungsional atau functional check flights dilakukan dalam kondisi cuaca cerah dan hanya pada siang hari. Dan yang melalukan adalah sekelompok pilot terpilih yang terdiri lebih dari 20 pilot Angkatan Udara Belanda.

Ketika pilot masuk ke kokpit untuk pemeriksaan fungsional penerbangan, misi mereka adalah memverifikasi bahwa F-16 masih dalam kondisi siap terbang. Beberapa skenario memerlukan penerbangan semacam itu. Penerbangan pemeriksaan fungsional sering kali diperlukan setelah pekerjaan pemeliharaan ekstensif, terutama berlaku jika bagian penting pesawat seperti sayap telah dibongkar, atau jika mesin telah dibongkar sebagian atau seluruhnya.

Kemudian jika pesawat telah berada di darat selama 180 hari atau lebih, diperlukan pemeriksaan fungsional.

Setiap penerbangan yang dilakukan F-16 Belanda berujung pada pemeriksaan dan pemeliharaan penting. Perawatan tingkat dasar ini biasanya dilakukan setiap 300 jam terbang. Proses rutin ini berlangsung di Pangkalan Angkatan Udara Woensdrecht atau di SABCA di Belgia.

Rutinitas ini tidak terputus, bahkan ketika F-16 ditempatkan di zona misi. Ketika mereka menambah 300 jam terbang, mereka melakukan perjalanan kembali ke Belanda untuk melakukan servis dan persiapan untuk misi berikutnya.

Functional Check Flights dilakukan pada jalur yang telah ditentukan, terjadi di wilayah darat dan laut. Ketika F-16 mencapai batas kecepatan sonik selama pengujian ini, suara dentuman khas, yang dikenal sebagai dentuman sonik (sonic boom), dapat terdengar sampai ke permukaan.

Pantau Tingkat Polusi Suara, Jet Tempur F-15EX Tuntaskan Uji Akustik di Darat dan Udara

Untuk meminimalkan polusi suara di wilayah berpenduduk padat, Angkatan Udara Belanda sebagian besar melakukan operasinya di laut terbuka. Berkat keunggulan geografisnya yaitu kedekatannya dengan laut, Pangkalan Udara Leeuwarden adalah lokasi yang ideal. Oleh karena itu, penerbangan pemeriksaan fungsional biasanya dilakukan di atas laut dari pangkalan ini.

Untuk menyelesaikan semua pemeriksaan rutin secara efektif, F-16 harus mempertahankan bobot seringan mungkin. Artinya, pesawat hanya membawa bahan bakar yang diperlukan, tanpa tambahan cadangan bahan bakar eksternal. (Gilang Perdana)

One Comment