Dengan Have Glass V, F-16 Fighting Falcon Tampil Bak Jet Tempur Stealth

Dalam jagad pesawat militer, semakin kecil level radar cross section (RCS) maka semakin baik dalam menunjang setiap misi, lantaran kian kecilnya RCS menjadikan dimensi tangkapan radar pada pesawat yang bersangkutan kian minim di layar monitor ground control radar. Sebut saja F-22 Raptor yang punya RCS 0,0001 m2 dan F-35 dengan RCS 0,005. Dengan level RCS tersebut, keduanya masuk dalam kategori jet tempur stealth. Lantas bagaimana dengan F-16C, ternyata level RCS-nya 4 m2.

Baca juga: Radar Cross Section – Salah Satu Poin Penting Untuk Jet Tempur Pengganti F-5 E/F Tiger TNI AU

Meski tak masuk kelompok jet tempur stealth, level RCS F-16C jauh lebih baik dari F-15 yang punya RCS 25 m2 atau Sukhoi Su-37/Su-30 yang punya RCS-nya 15 m2. Lantas yang jadi pertanyaan, mungkinkah jet tempur legendaris ‘berjuta umat’ F-16 dapat ditambahkan kemampuan stealth?

Jawabannya ternyata “bisa,” namun bukan dengan jalan merubah desain, melainkan F-16 dibalut dengan cat khusus yang disebut “Have Glass V” Paint Scheme. Skema cat dengan warna gelap ini punya kemampuan menyerap sinyal radar. Dikutip dari nationalinterest.org (23/12/2019), pihak Pentagon menyebut skema cat Have Glass V menggabungkan dua warna cat abu-abu yang lebih tua dari warna biasa yang selama ini diterapkan pada armada F-16 USAF.

Kebanyakan F-16 AS selama beberapa dekade ini telah menggunakan skema cat berwarna abu-abu muda. Namun, sejak 2012, pihak AU mulai merintis solusi Have Glass V dengan menerapkan warna baru (single tone) abu-abu gelap ke beberapa F-16. Cat feromagnetik yang dapat menyerap energi radar ini dipersiapkan pada skadron F-16 yang berada di Minnesota, South Carolina, Jerman dan Jepang.

Masih dari sumber yang sama, F-16C Block 30 dari Texas Air National Guard disebut-sebut sebagai yang pertama mengadopsi teknologi cat Have Glass V. Dimana sebelum pengerjaan, pesawat ini mengusung warna pada radome yang lebih muda, dan setelah pengerjaan, warna pada radome menjadi lebih gelap, kesan warna gelap juga menyelimuti sekujur bodi F-16. Pada 17 Desember 2019, sebuah F-16 C keluar dari Iowa Air National Guard Paint Facility di Sioux City sudah dengan warna abu-abu tua.

Masih dari sumber yang sama, dipastikan F-16 tidak menyandang gelar stealth dengan Have Glass V, meski F-16 menjadi lebih ‘tersembunyi’ karena mampu menyerap sinyal radar. Dengan Have Glass V, level RCS F-16 disebut menjadi lebih baik, yaitu 1,2 m2. Konon karena harga cat Have Glass V tergolong mahal, menjadikan prioritas pengecetan dioptimalkan pada F-16 yang berada di kelompok Suppression of Enemy Air Defenses (SEAD).

Baca juga: Dilengkapi Teknologi Stealth, Malaysia Targetkan Rilis Jet Tempur Nasional di 2030

AU AS selama bertahun-tahun telah berusaha mengganti keberadaa F-16 Blok30, dimana jet tempur tersebut rata-rata telah mengumpulkan lebih dari 7.000 jam terbang. Namun dengan tingkat produksi F-35 yang berada di bawah proyeksi, maka keberadaan F-16 Block 30 nampaknya masih akan diperpanjang, paling tidak sampai satu dekade kedepan. Setidaknya ada 800-an F-16 yang usianya masih akan diperpanjang, salah satunya dengan ditambahkannya Have Glass V. (Gilang Perdana)

9 Comments