Bikin Geger Nelayan, Kapal Selam Nuklir Cina Type 094 (Jin Class) Berlayar di Permukaan Laut Dangkal Selat Taiwan

Di luar kelaziman, lantaran belum atau jarang terjadi, sebuah kapal selam bertenaga nuklir dengan peluncur rudal balistik (SSBN) milik Angkatan Laut Cina, ikut serta secara langsung dalam ‘provokasi’ di Selat Taiwan. Alih-alih melakukan misi rahasia di bawah permukaan laut, sebuah kapal selam yang dipastikan dari Type 094 (Jin class) telah muncul kepermukaan dan membuat geger kawanan nelayan cumi di sekitaran selat tersebut.

Baca juga: Kelabui Intel Asing, AL Cina Ubah ‘Nomer’ Identifikasi pada Kapal Selam Nuklir

Seperti dilansir dari media lokal, kapal selam nuklir Cina Type 094, yang diketahui khas dari ‘punuk peluncur rudal balistik’ telah muncul ke perairan dangkal Selat Taiwan pada Selasa pagi, dan mengejutkan awak kapal cumi-cumi. Foto-foto yang dibagikan oleh awak kapal nelayan Taiwan menunjukkan lambung hitam dari kapal selam yang diduga kuat adalah Type 094. Sejauh ini, Angkatan Laut Cina mengoperasikan enam unit kapal selam Type 094.

Sebagai kapal selam bertenaga nuklir yang dapat melakukan pelayaran dan menyelam dalam waktu panjang, kapal selam Type 094 jarang terlihat di muncul di luar pelabuhan-pelabuhan militer Cina. Dan penampakan Type 094 baru-baru ini menjadi yang keempat kalinya sejak kapal selam Cina mulai aktif meronda di Selat Taiwan sejam Juli 2019.

Menurut laporan awak kapal cumi-cumi, yang pertama kali dilaporkan oleh surat kabar Liberty Times di Taipei, kapal selam Cina itu muncul sekitar pukul 5 pagi waktu setempat, di sebelah barat garis median Selat Taiwan.

Perkiraan lokasi yang diberikan oleh awak kapal penangkap ikan menempatkan kapal selam Type 094 berada di selatan kepulauan Kinmen garis depan Taiwan dan di sebelah barat kepulauan Penghu atau Pescadores, di luar perairan teritorial yang diklaim Taiwan.

Kedalaman Selat Taiwan yang relatif dangkal, ditambah dengan kemungkinan puing-puing di dasar laut, menciptakan potensi bahaya bagi kapal selam yang transit, yang mungkin memilih untuk melakukan perjalanan di permukaan. Lokasi kapal selam yang dilaporkan memiliki kedalaman hanya 45 meter.

Para analis mengatakan bahwa kapal selam itu kemungkinan sedang melakukan perjalanan ke utara dari Laut Cina Selatan untuk menjalani perbaikan tahunan di galangan kapal Bohai di Huludao, di provinsi Liaoning timur laut Cina, tempat kapal itu dibangun. Berdasarkan pengamatan intelijen AS, Cina menempatkan Pangkalan Angkatan Laut Yulin di Laut Cina Selatan dan Pangkalan Angkatan Laut Jianggezhuang di Laut Kuning, bagian utara Laut Cina Timur, sebagai basis pengoperasian armada kapal selam.

Kapal selam Type 094 (Jin class) dibekali dengan rudal balistik antarbenua JL-2, yang notanene mampu mencapai sasaran di Alaska, dengan asumsi diluncurkan dari Laut Cina Selatan. Yang terbaru, Cina disebut melengkapi Type 094 dengan rudal balistik antarbenua JL-3 yang punya jangkauan lebih jauh (12.000 km), yang diduga dapat menjangkau daratan utama AS.

Cina diperkirakan akan mengganti kapal selam nuklir Type 094 dengan kapal selam nuklir Type 095 dan Type 096 untuk menyaingi kapal selam siluman AS, namun kapal selam generasi berikutnya diperkirakan baru akan tiba pada akhir dekade ini. Angkatan Laut Cina kini mengoperasikan 12 unit kapal selam bertrenaga nuklir dan 48 unit kapal selam konvensional (diesel lisrtrik).

Type 094 (Jin Class)
Kapal selam Type 094 (Jin class) dibangun oleh galangan kapal Bohai Shipbuilding Heavy Industry Co., Ltd. (BSHIC), yang terletak di Huludao, provinsi Liaoning, Cina. Bohai Shipbuilding Heavy Industry adalah bagian dari China Shipbuilding Industry Corporation (CSIC), yang merupakan salah satu perusahaan besar di industri perkapalan dan pertahanan Cina.

Type 094 dirancang untuk menggantikan kapal selam balistik generasi sebelumnya, Type 092 (kelas Xia), dan untuk meningkatkan kemampuan deterrent nuklir maritim Cina.Type 094 mulai dibangun pada awal 2000-an, dengan unit pertama diyakini mulai konstruksi sekitar tahun 2000 atau 2001. Kapal pertama dalam kelas ini dilaporkan mulai beroperasi sekitar tahun 2007.

Foto Satelit Perlihatkan Kapal Selam Cina Memasuki Gua Misterius

Selain peluncur torpedo, kapal selam Type 094 diperkirakan memiliki panjang sekitar 135 meter dan lebar sekitar 12 meter. Perkiraan bobot saat menyelam 11.000 hingga 13.000 ton. Kapal selam Type 094 dilengkapi dengan 12 tabung peluncuran rudal balistik yang mampu menembakkan rudal JL-2 (Julang-2) dan JL-3.

Meskipun ada peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya, kapal selam Type 094 masih dianggap lebih bising dibandingkan dengan SSBN modern dari negara-negara lain seperti Amerika Serikat dan Rusia, yang dapat membuatnya lebih mudah dideteksi oleh musuh. Versi yang ditingkatkan dari Type 094, dikenal sebagai Type 094A, memiliki perbaikan dalam hal kebisingan dan kemampuan sistem rudal. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Type 094A memiliki desain yang lebih halus dan lebih senyap. (Bayu Putro)

Foto Satelit: Cina Perluas Dermaga Kapal Selam di Pulau Hainan, Menghadap Laut Cina Selatan

2 Comments