Bersamaan dengan RTS Moskva, Kapal Perusak USS The Sullivans Juga ‘Tenggelam’

Hampir bersamaan dengan tenggelamnya kapal penjelahah rudal Armada Laut Hitam Rusia RTS Moskva, ada kabar kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat USS The Sullivans (DD-537), dilaporkan juga semi tenggelam (kandas). Meski tak ada kaitan antara kedua insiden, namun netizen global kadung menganggap hal ini sebagai suatu peristiwa yang menarik.

Baca juga: Kemhan Rusia: Kapal Penjelajah Rudal RTS Moskva Tenggelam Saat Proses Penarikan

Tapi sebelumnya perlu diketahui, destroyer USS The Sullivans (DD-537) statusnya saat kejadian adalah sebagai penghuni museum, tepatnya kapal perang dari era Perang Dunia Kedua ini adalah bagian dari koleksi museum Buffalo and Erie County Naval & Military Park di New York. Akibat kerusakan pada bagian lambung, pada 14 April lalu, sebagian badan kapal telah tenggelam, meski sebagian besar badan kapal masih berada di atas air.

Dikutip dari WIVB.com, disebutkan sejak kejadian, staf museum dengan dibantu pemadam kebakaran telah memompa 13.000 galon air setiap menitnya. Bagi warga AS, USS The Sullivans (DD-537) dianggap punya nilai sejarah tinggi, dan pemeritah setempat memastikan akan melakukan segala upaya untuk memulihkan kondisi kapal.

Ibarat tak kenal maka tak sayang, USS The Sullivans adalah bagian dari kepal perusak Fletcher Class. Nama The Sullivans diberikan sebagai bentuk penghormatan atas lima bersaudara Sullivan (George, Francis, Joseph, Madison, dan Albert) berusia 20 hingga 27 tahun yang gugur ketika kapal mereka, USS Juneau, ditenggelamkan oleh kapal selam Jepang selama Pertempuran Laut Guadalcanal pada 13 November 1942.

Bagi AL AS, peristiwa tersebut adalah kerugian militer terbesar yang dialami oleh satu keluarga AS selama Perang Dunia Kedua. USS The Sullivans juga kapal pertama yang ditugaskan di Angkatan Laut yang dinamai untuk menghormati lebih dari satu orang.

Sekilas tentang USS The Sullivans (DD-537), kapal perang ini dibangun Bethlehem Shipbuilding Corporation dan diluncurkan pada 4 April 1943 dan masuk kedinasan AL AS pada 30 September 1943. Kapal ini punya panjang 114,76 meter, lebar 12,09 meter dan berat 2.050 ton. Setelah beroperasi dalam Perang Dunia Kedua dan Perang Korea, USS The Sullivans ditugaskan ke Armada ke-6 dan menjadi kapal latih sampai akhirnya kapal ini dinonaktifkan pada 7 Januari 1965.

Baca juga: KRI Pati Unus 256 – Korvet Pemburu Kapal Selam dalam Sejarah, Berpindah Tangan dari Australia ke Belanda

Pada tahun 1977, USS The Sullivans dan kapal penjelajah USS Little Rock (CG-4) diproses untuk disumbangkan ke Buffalo and Erie County Naval & Military Park di Buffalo, New York. Saat ini, USS The Sullivans berfungsi sebagai kapal museum peringatan dan terbuka untuk wisata umum. (Bayu Pamungkas)

4 Comments