Aselsan SARP, Modul RCWS di Rantis Turangga 4×4 Paskhas TNI AU

Aselsan SARP dengan senapan mesin kaliber 12,7 mm.

Perayaan HUT TNI Ke-74 di Lanud Halim Perdanakusuma masih hangat dalam benak kita, dan dari matra udara, salah satu rantis lapis baja yang menjadi maskot saat defile adalah Turangga 4×4 yang dioperasikan Korps Paskhas TNI AU. Dari beberapa rantis APC (Armoured Personnel Carrier) tersebut, sebagian telah dilengkapi modul RCWS (Remote Control Weapon Station) pada bagian atas kendaraan.

[Video] Perkasa di Medan Off Road, Turangga 4×4 Paskhas TNI AU Hadir di Indo Defence 2018

Penempatan RCWS pada Turangga 4×4 sudah diketahui sejak rantis itu diperlihatkan saat Indo Defence 2018. Namun, kala itu RCWS yang terpasang di Turangga 4×4 masih tanpa bekal senjata, terbukti dari tidak adanya laras pada modul RCWS kala itu. Namun lain halnya saat defile 5 Oktober lalu, RCWS di Turangga sudah terpasang menggunakan laras. Lantas yang jadi pertanyaan, tipe RCWS apa yang dipasang pada rantis rakitan perusahaan karoseri Tugasanda ini?

Melihat dari tampilan, nampak jelas RCWS yang digunakan pada Turangga 4×4 adalah Aselsan SARP, yakni jenis platform senjata remote dengan stabilized buatan Turki. Pilihan senjata pada SARP dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan, mulai dari kaliber 12,7 mm untuk senapan mesin berat, kaliber 7,62 mm untuk senapan mesin sedang dan kaliber 40 mm untuk pelontar granat otomatis.

Aselsan SARP pada Turangga 4×4 TNI AU, nampak menggunakan senapan mesin kaliber sedang 7,62 mm.

Konsekuensi atas penggunaan senjata hanya berdampak pada banyaknya amunisi yang dapat dibawa pada box magasin. Ambil contoh untuk kaliber 12,7 mm, bekal amunisi yang dibawa adalah 400 peluru, sementara untuk kaliber 7,62 mm dapat menyertakan 1.500 peluru pada magasin. Kemudian untuk kaliber 40 mm dapat menyertakan 80 granat.

Sebagai sistem RCWS, modul dilengkapi fitur laser range finder untuk akurasi tembakan, gyro stabilization, computer based fire control functions, day and night imaging, automatic target tracking dan last ammunition warning. Selain dioperasikan lewat remote, dalam kondisi terdesak sistem senjata ini dapat dioperasikan secara manual.

Aselsan SARP dengan pelontar granat 40 mm.

Dikutip dari situs aselsan.com, SARP RCWS dapat dioperasikan dalam rentang suhu -32 sampai 55 derajat celcius. Aselsan SARP juga dapat dioperasikan secara wireless dengan jaminan bebas dari kemungkinan di jamming dengan jalur transmisi yang secure menggunakan enkripsi.

Baca juga: Aselsan CIWS – Kanon Reaksi Cepat Laras Ganda untuk Hanud di Kapal Perang

Seperti halnya modul RCWS pada umumnya, SARP dapat berputar dengan sudut azimuth 360 derajat. Sedangkan sudut elevasi laras mulai dari -30 sampai 60 derajat. (Bayu Pamungkas)

Pilihan Senjata Aselsan SARP
– 12,7 mm : M2HB Machine Gun/NSV Machine Gun
– 7,62 mm : FN MAG58 Machine Gun/M240 Machine Gun/MG3 Machine Gun
– 40 mm : MK19 Mod3 Automatic Grenade Launcher

11 Comments