Aselsan Pasok Torpedo Jammer dan Decoy untuk Kapal Selam TNI AL

Anda masih ingat dengan salah satu adegan di film Hunter Killer, dimana kapal selam Amerika Serikat beberapa kali melepaskan torpedo decoy untuk menghalau terjangan torpedo dari kapal selam Rusia. Nah, belum lama ini ada kabar bahwa kapal selam Type 209 milik TNI AL juga akan dibekali apa yang disebut sebagai torpedo jammer dan decoy. Tentu ini berita yang menggembirakan, setelah akuisisi torpedo Black Shark dari Italia yang telah dilangsungkan.

Baca juga: Torpedo Black Shark Untuk Kapal Selam Nagapasa Class TNI AL

Dikutip dari defenceturk.net (1/3/2019), disebutkan manufaktur alutsista asal Turki, Aselsan, untuk pertama kalinya akan melakukan ekspor jenis torpedo jammer dan decoy, dan customer pertamanya adalah Indonesia. Dan produk yang torpedo jammer dan decoy yang akan digunakan TNI AL adalah ZOKA-Acoustic Torpedo Countermeasure.

Sebagai sistem penangkal serangan torpedo, ZOKA dirancang mampu menangkal serangan torpedo yang beroperasi dalam moda akustisk aktif, pasif atau kombinasi diantara keduanya. ZOKA dalam pola operasinya memancarkan broadband high-level noise untuk mengacaukan rentang frekuensi yang digunakan sistem pemandu akustik pada torpedo lawan. Dengan noise yang dihasilkan ZOKA, mampu ‘menutupi’ kebisingan yang mungkin ditimbulkan oleh kapal selam.

ZOKA lebih jauh dapat meniru karakter akustik dan beragam karakter dinamis yang mampu menyesatkan torpedo lawan. Sementara peran decoy pada ZOKA adalah menghasilkan suara kapal dan menanggapi pancaran aktif akustik torpedo. ZOKA selama ini telah digunakan oleh armada kapal selam AL Turki. Untuk pesanan ke Indonesia, dikabarkan akan dikirim pada tahun 2019. (Gilang Perdana)

9 Comments