AM General Tampilkan Humvee Saber Blade Edition 4×4 – Jadi Platform Peluncur Drone Kamikaze Switchblade 300 dan 600

Belum lama diluncurkan, yakni saat ajang pameran pertahanan Eurosatory di Paris (13-17 Juni 2022), kini rantis serbu Humvee Saber telah diperkenalkan lagi dalam sub varian yang diberi label Humvee Saber Blade Edition. Adanya label “Blade” tentu ada maksudnya, yaitu rantis produksi AM General ini didapuk menjadi platform peluncur drone kamikaze (loitering munition) Switchblade 300 dan 600. Peluncur Switchblade 300 dan 600 disematkan di bagian belakang kendaraan.

Baca juga: H1-Panther – Kendaraan Amfibi Tercepat dari Platform Humvee 4×4

Diperkenalkan pada Annual Meeting and Exposition of the Association of the U.S. Army (AUSA) 10 -12 Oktober 2022 di Walter E. Washington Convention Center, Humvee Saber Blade Edition disebut oleh AM General dapat menjadi game changer di medan perang modern dengan kemampuan ofensif dan defensif. Saber Blade Edition juga menyiratkan bentuk kolaborasi yang apik antara AM General dengan manufaktur Switchblade, AeroVironment dan Hornet.

Humvee Saber Blade menawarkan integrasikan drome kamikaze Switchblade dan Remote Controlled Weapon System (RCWS) Hornet Air Guard dengan solusi Counter drone oleh Hornet, dengan menggunakan munisi kaliber 40 mm.

Switchblade 300 dan Switchblade 600 yang menyediakan misi penyerangan presisi yang dapat dikerahkan dengan cepat untuk digunakan melawan target non-line-of-sight. Switchblade pada dasarnya adalah rudal yang dilengkapi dengan kamera, sistem pemandu dan bahan peledak. Drone ini dapat diprogram untuk secara otomatis menyerang target bermil-mil jauhnya, dan mereka dapat dikendalikan di sekitar sasaran sampai waktunya tepat untuk menyerang. AeroVironment mengatakan Switchblade 600 dapat terbang selama 40 menit dan terbang sejauh 10 km.

Sementara Hornet Air Guard menawarkan kemampuan deteksi dan netralisasi drone ke Hornet RCWS dengan basis senjata granat 40 mm air-burst dan penambahan independent drone detection ring untuk menghadapi serangan drone.

Tentang Humvee Saber, AM General melakukan desain ulang terhadap Humvee yang kemudian melahirkan Humvee Saber. Awalnya pihak AM General memberi nama NXT 360 sebelum berganti nama menjadi Saber.

Humvee Saber dibuat menggunakan sasis AM General 13-Series HMMWV 4×4, tata letak umum kendaraan adalah standar untuk rantis ringan dengan mesin di depan, kompartemen kru dan pasukan di tengah dan area kargo di belakang.

Baca juga: AS Kirim Drone Kamikaze ke Ukraina, Inilah Spesifikasi Switchblade 300 dan 600

Humvee Saber disokong mesin diesel 6.5L V8 turbocharged yang menghasilkan tenaga maksimal 205 hp dengan transmisi 4 kecepatan. Rantis ini dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 90 km per jam dengan daya jelajah sampai 402 km. (Gilang Perdana)

One Comment