AL Cina Uji Coba Senjata Laser dari Platform Mobile

Hampir semua loncatan teknologi yang telah dicapai oleh Amerika Serikat, dipastikan akan terus dikejar oleh Cina. Termasuk dalam urusan pengembangan alutsista berteknologi tinggi. Seperti saat Negeri Uwak Sam berhasil melakukan uji prototipe electromagnetic railgun, maka tak selang berapa lama Cina juga merilis inovasi yang hampir sama persis, bahkan meriam yang disematkan pada kapal perang ini sanggup melesatkan proyektil dalam kecepatan hipersonik, di atas Mach 5. Tak cukup disitu, kompetisi kini bergeser ke laser gun.

Baca juga: Haiyang Shan 936 – Kapal Perang Pertama dengan Electromagnetic Railgun

Dikutip dari janes.com (10/4/2019) yang melansir sumber dari media Cina, disebutkan AL Cina telah memperlihatkan sosok senjata baru yang disebut laser gun. Senjata dengan desain optical device berukuran besar ini nampak disematkan dalam sasis (platform) mobile. Dari analisa pada foto capture dari CCTV.com, terlihat perangkat pendukung laser gun , boleh jadi adalah optical and radio frequency ranging dan tracking sensors. Salah satu foto juga memperlihatkan trailer tambahan yang kemungkinan berfungsi sebagai mobile generator.

Meski tidak disematkan di kapal perang, dalam foto terlihat senjata ini dikelilingi oleh personel AL Cina – People’s Liberation Army Navy (PLAN). Lebih dari itu, belum ada informasi terkait spesifikasi senjata laser yang tengah dalam proses uji coba tersebut. Beberapa sumber menyebut sistem senjata laser kelak akan digunakan untuk mendukung baterai pertahanan udara Cina. Meski tidak dapat dikonfirmasi sumbernya, ada yang menyebut jarak jangkau senjata laser ini mencapai 5.000 meter.

Senjata laser yang dirilis Cina nyaris serupa dengan yang tengah dikembangkan AL AS (US Navy) sejak tahun 2014, yaitu dalam proyek Laser Weapon System (LaWS) untuk kebutuhan pertahanan udara dan senjata anti permukaan.

Baca juga: Oerlikon High Energy Laser Gun – Sistem Hanud Masa Depan dari Rheinmetall Defence

LaWS di USS Ponce.

Sejauh ini, uji coba senjata laser yang dikonfirmasi sukses dilakukan adalah dari USS Ponce pada November 2014. LaWS dengan diopersikan secara remote dari Pusat Informasi Tempur dapat menembak secara akurat sasaran bergerak dan statis di atas permukaan laut, selain itu LaWS dalam uji cobanya dapat menembak jatuh drone sekelas ScanEagle. (Gilang Perdana)

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *