AI AX308: Salah Satu Senapan Runduk Andalan Detasemen Jalamangkara

Jagad senapan runduk memang tak pernah sepi dibicarakan, maklum sang penggunanya adalah pasukan khusus. Setelah diwartakan bahwa satuan elite Kopassus, Den Bravo Paskhas, Tontaipur Kostrad dan Brimob menggunakan Accuracy International AX308, diketahui satuan elite Korps Marinir, Detasejemen Jalamangkara (Denjaka). Yang kebetulan sosok AX308 ikut dipamerkan dalam Marinir Fair bulan November lalu.

Baca juga: Accuracy International Arctic Warfare L96A1 –  Senapan Runduk TNI Yang Tahan Suhu Ekstrim

Debut senapan runduk buatan Inggris ini naik pamornya setelah suskses digunakan tim petembak TNI AD dalam Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) 2017. Bagi TNI AD, khususnya Kopassus sebelumnya juga telah menggunakan senapan runduk besutan Accuracy International (AI), yakni L96A1. Baik AX308 dan L96A1 adalah senapan runduk dengan pola operasi bolt action, alias tembak satu per satu.

Meski begitu dari sisi tampilan, AX308 memang lebih modern, yang kasat mata adalah laras sudah ‘dibalut’ picatinny rail. Sistem picatinny rail di sisi kiri dan kanan, serta atas yang memanjang dari receiver memudahkan bagi penembak untuk mengatur posisi teleskop. Picatinny rail dibuat dengan standar 20 MOA (Minute of Arc)/Mil Std 1913 . Picatinny rail di sisi kiri dan kanan digunakan untuk menyesuaikan kaki-kaki penyeimbang pada bipod.

AX308 sendiri dibangun dengan receiver yang menempel pada rangka dan sasis alumunium secara permanen, menghasilkan senapan yang sangat rigid. Sasisnya sendiri dicetak menyatu dengan gagang pistol dan rumah magasen. Popornya dirancang ergonomis dengan model lipat.

Baca juga: Rangemaster G2 – Tawarkan Jarak Tembak Efektif 1.000 Meter, Inilah Item Terbaru Senapan Runduk TNI AD

Persisnya ada dua jenis popor yang ditawarkan popor rangka (skeletal stock) dan popor yang berbentuk L. Popor model berbentuk L terbalik dengan bantalan bahu bisa disesuaikan panjangnya, serta bantalan pipi yang bisa disetel ketinggiannya menggunakan mur setelan, semua disesuaikan dengan postur penembaknya. Jika ada yang disukai dari seluruh senapan buatan Accuracy International, adalah betapa mantap tarikan pelatuknya, senjata ini pun punya daya tolak balik yang rendah berkat keberadaan tactical muzzle brake di ujung laras.

Dengan senapan sekelas AX308, tak sulit bagi seorang sniper untuk menenutaskan sasaran sejauh 800-1.000 meter. AX308 dipasok dengan magasen berbahan baja dengan kapasitas 10 butir peluru. Pasokan peluru yang naik dari magasen ke kamar dibuat minim gesekan untuk mencegah perubahan bentuk peluru, yang dapat menyebabkan pengaruh negatif ke akurasi. Untuk melepas magasen tinggal mengungkit tuas yang terletak di depan pelindung pelatuk (trigger guard).

Baca juga: Isi Celah Antara Kaliber 7,62mm dan 12,7mm, Pindad Rilis Senapan Runduk SPR-4 Kaliber 8,6mm

Bagian terbaik dari AX308, dan menjadi kunci dari akurasinya, tentu adalah pada sistem gerendel dan larasnya. Gerendel pada AX308 menggunakan model 3 kaki (lug) pengunci yang tebal untuk mengunci peluru di kamarnya. Untuk mengangkat gerendel pengokang hanya butuh ayunan ke atas sejauh 60 derajat. Tarikannya sudah pasti mantap tanpa gesekan berlebihan, dan juga tanpa goyang sama sekali.

Laras pada AX308 sendiri tentu menggunakan laras ekstra tebal, untuk menjaga suhu laras agar tetap dingin dan memastikan akurasi tertinggi. Ujung larasnya dimahkotai dengan peredam hentakan berbentuk tabung dengan dua tingkap, yang membuang gas hasil penembakan ke kiri dan kanan. (Gilang Perdana)

Spesifikasi AI AX308
– Kaliber: 7,62 x 51 mm
– Panjang keseluruhan: 1155 x 180 x 100 mm
– Panjang dengan laras dilipat: 940 x 180 x 105 mm
– Panjang laras: 60,96 mm
– Berat tanpa magasin: 6,2 kg
– Isi magasin: 10 peluru
– Jarak tembak efektif: 1.000 meter

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *