[Video] Terkonfirmasi, Unit Peluncur HIMARS Ukraina Dihancurkan Rusia dengan Rudal Iskander

Setelah beberapa kali mengklaim berhasil mencegat serangan roket HIMARS (High-Mobility Artillery Rocket Systems). Namun sejak dua tahun perang berkobar, baru kali ini dapat dikonfirmasi kehancuran dari unit peluncur M142 HIMARS Ukraina oleh serangan presisi dari rudal balistik jarak dekat Rusia, Iskander-M.

Baca juga: Rontok di Medan Perang, Dua Unit M142 HIMARS Ukraina ‘Pulang Kampung’ untuk Perbaikan

Lewat drone intai yang standby di area sasaran, Rusia berhasil merekam momen serangan rudal Iskander-M pada unit peluncur HIMARS yang sedang terparkir di pinggir jalan di Oblast Donetsk, Ukraina timur, sekitar 40 mil dari garis depan, yang setelah impact menghasilkan ledakan besar.

Sebuah rudal Rusia, yang menurut media internasional adalah ruda balistik Iskander-M berhasil menghancurkan HIMARS dan membakar peluncur seberat 17 ton, dan tampaknya membakar salah satu roket M30/31 berukuran 227 mm.

Tidak jelas mengapa HIMARS berhenti di tempat terbuka di siang hari bolong. Brigade Artileri Roket ke-27, adalah satu-satunya unit HIMARS yang dioperasikan Ukraina, biasanya beroperasi saat fajar atau senja dan menjaga kendaraan tetap bergerak dan terlindungi saat mereka tidak sedang dalam misi penembakan.

Rusia telah memprioritaskan perburuan HIMARS milik Ukraina. Tiga kali dalam kurun waktu satu minggu pada bulan lalu, HIMARS menargetkan pasukan Rusia dalam jangkauan enam roket M30/31 yang memiliki jarak 57 mil (91 km), yang masing-masing menyebarkan 182.000 bola tungsten.

Kehilangan satu HIMARS sepertinya belum menjadi pukulan mematikan bagi Ukraina. Amerika Serikat setidaknya telah memasok 39 unit peluncur M142 HIMARS.

Perang Ukraina Pacu Produksi Fake Target, Termasuk HIMARS Palsu

Sistem HIMARS terdiri dari sebuah truk lapis baja yang mampu menembakkan hingga enam roket sekaligus, dan GMLRS (Guided Multiple Launch Rocket System). GMLRS memiliki jangkauan hingga 70 km, dilengkapi hulu ledak high explosive seberat 90 kg dengan tingkat akursi 2–5 meter dari koordinat target.

Sejauh ini, Ukraina memiliki 38 unit HIMARS, serta 13 unit Multiple Launch Rocket System (MLRS) yang mirip dengan HIMARS, tetapi menggunakan roda rantai (M270) dan dapat meluncurkan roket dua kali lebih banyak. (Gilang Perdana)

8 Comments