[Video] Ranpur Amfibi BT-3F ‘Arctic’ Jajal Kemampuan di Medan Salju yang Keras

Meski nasib pengadaan BT-3F tak jelas juntrungannya, namun nama ranpur APC amfibi rancangan Special Design Bureau for Machine Engineering (SKBM) dan Kurganmashzavod, kadung populer di Indonesia, terlebih ranpur roda rantai ini disebut-sebut memang dirancang untuk pasar ekspor, yang kabarnya untuk kebutuhan Korps Marinir.

Baca juga: Untuk Marinir, Rusia Luncurkan Ranpur BT-3F Varian Self Propelled Anti Tank (Kornet-E)

Meski belum berhasil meraih pelanggan ekspor, Rusia rupanya terus mengembangkan BT-3F untuk kebutuhan domestik. Selain belum lama ini merilis BT-3F dengan peluncur rudal anti tank Kornet-E, ada kabar bahwa BT-3F ‘Arctic’ – varian yang dirancang beroperasi di wilayah Kutub Utara, tengah menjalani uji di medan salju yang keras.

Belum lama ini Rostec merilis sebuah video yang menampilkan pengujian BT-3F Arctic dalam kondisi paling keras. Ini menjelaskan mengapa demonstrasi BT-3F dilakukan di saat winter di area Rusia yang sangat dingin. Video di bawah ini menunjukkan BT-3F dengan terampil menavigasi gundukan, bukit kecil, dan medan kasar, menunjukkan kemampuannya yang mengesankan.

Rostec mengungkapkan pada pertengahan tahun sebelumnya bahwa desain dan pembuatan BT-3F telah berhasil diselesaikan oleh industri pertahanan Rusia. Nilai jual unik dari ranpur ini adalah desainnya yang dirancang khusus untuk unit kebutuhan marinir dan pasukan gabungan.

BT-3F Arctic dilengkapi dengan modul RCWS untuk senapan mesin berat kaliber 12,7 mm lengkap dengan thermal imager dan laser rangefinder. Selain dirancang untuk angkut pasukan, BT-3F Arcrtic juga dapat berperan sebagai kendaraan komando taktis dan kendaraan layanan medis.

Lantaran dipersiapkan untuk tugas di Kutub Utara yang dingin, beberapa hal telah disesuaikan agar ranpur ini dapat beroperasi di wilayah yang bersuhu sangat dingin.

Beberapa fitur pendukung operasi di wilayah dingin seperti hadirnya sistem pemanas otonom yang mampu menjaga suhu kabin di atas nol derajat, bahkan ketika mesin utama dimatikan.

Selain itu, BT-3F Arctic juga mengadopsi rantai khusus yang punya tekanan tanah yang lebih rendah, yang dari hasil uji coba telah secara signifikan meningkatkan kinerja off-road-nya.

Rusia Tampilkan BT-3F “Arctic” – Ranpur Khusus untuk Beroperasi di Wilayah Kutub Utara

BT-3F Arctic dapat dikonfigurasi untuk membawa 15 pasukan infanteri, sementara untuk mendukung misi pengintaian, BT-3F Arctic juga dilengkapi sebuah drone copter.

Secara teknis, BT-3F varian kutub ini dirancang untuk beroperasi pada suhu rendah, yaitu hingga minus 50 derajat Celcius. Ranpur ini ditenagai mesin diesel 450HP dan memiliki daya tahan bahan bakar untuk jelajah sejauh 600 km. Selain kapabilitas amfibi, BT-3F ini dapat diterjunkan oleh pasukan linud menggunakan parasut (air drop), atau bisa juga dimuat ke dalam ruang kargo helikopter Mi-26. (Gilang Perdana)