USNS Salvor: Kapal Tunda dengan Kemampuan “Plus-Plus”

Bukan pertama kali bagi kapal milik Angkatan Laut AS ini bersandar di Indonesia. Inilah USNS Salvor (T-ARS-52), jenis rescue dan salvage ship dari Safeguard Class. Belum lama ini, USNS Salvor bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok. Sementara pada 2016 lalu, kapal yang berpangkalan di Pearl Harbor ini juga pernah tiba di Indonesia untuk mendukung latihan militer CARAT.

Baca juga: KRI Rakata 922 – Kapal Tunda dengan Jejak Sejarah Panjang

Kategori rescue dan salvage ship memang terdengar asing, namun pada dasarnya ini merupakan jenis kapal tunda (tugboat) yang difungsikan untuk misi penyelamatan kapal yang akan karam, atau bisa juga menyelamatkan kapal yang telah tenggelam. Karena ada peran sebagai kapal tunda, tugas USNS Salvor juga mencakup menarik kapal, mendukung operasi penyelaman, misi penyebaran dan penghancuran ranjau, misi dukungan untuk ROV (Remotely Operated Vehicle), penarikan beban berat dengan crane, sampai pemadam kebakaran.

Dengan perannya yang multirole, USNS Salvor disokong empat unit mesin Caterpillar 399 diesel engines – 4.200 shp (3.1 MW) dan 2x shafts and controllable-pitch propellers. Untuk mengangkat beban, kapal ini dibekali large bow, stern rollers, deck machinery dan tackle. Dua yang disebut terakhir disebut dapat mengangkat beban sampai 75 ton. Sementara dua bow rollers dengan hydraulic pullers dapat menarik beban sampai 150 ton. Keempat rollers bila difungsikan dan digunakan bersama-sama sanggup mengangkat beban dinamis 300 ton.

Untuk misi pemadam kebakaran, Salvor dibekali water canon yang dapat memuntahkan seribu galon air laut per menit. Dari spesifikasi, USNS Salvor dapat membawa tangki air dengan kapasitas 3.600 galon.

Uniknya, pada bagian buritan terdapat deck yang berukuran cukup besar (590m3), deck ini diandalkan untuk misi pengangkatan obyek dari dasar laut, lainnya adalah untuk mendukung aktivitas perbaikan kapal yang mencakup pengelasan dan pemotongan bagian-bagian kapal yang rusak.

Angkatan Laut AS memiliki empat unit kapal sejenis USNS Salvor, yakni USNS Safeguard, USNS Grasp, dan USNS Grapple. Kapal ini masuk dalam unit Military Sealift Command, dan diawaki oleh sipil.

Sebelumnya jenis kapal ini masuk dalam arsenal kapal perang dengan kode USS. Merujuk ke sejarahnya, USNS Salvor diluncurkan pada 28 Juli 1984, dan mulai bertugas sebagai US Salvor pada 14 Juni 1986. Pada 12 Januari 2007, USS Salvor dimutasi ke Military Sealift Command, dan kapal dengan moto VERITAS UT EIUS NOMINIS ini berubah label sebagai USNS Salvor.

Baca juga: TD Malabar – Kapal Tunda Laut Dangkal Terbaru Untuk TNI AL

Sebagai kapal pendukung, USNS Salvor hanya dipersenjatai sebatas untuk self defence, terdiri dari dua pucuk kanon kaliber 25 mm dan 2 pucuk Senapan Mesin Berat M2HB 12,7 mm. (Haryo Adjie)

Spesifikasi USNS Salvor
– Displacement: 3.282 long tons
– Length: 78 meter
– Beam: 16 meter
– Draft: 5,11 meter
– Propulsion: 4 × Caterpillar 399 diesel engines/ 2 × shafts and controllable-pitch propellers
– Speed: 15 knots (28 km/h)

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *