UR-15 Meteor – Inilah Varian Ranpur BMP-3 dengan Fungsi Penghancur Medan Ranjau

Sudah lumayan banyak varian ranpur BMP-3 yang telah diulas di Indomiliter.com, namun ada satu varian dari ranpur berbobot 18 ton ini yang sepertinya terlewatkan, maklum varian BMP-3 ini memang tergolong barang baru bagi arsenal AD Rusia. Yang dimaksud adalah UR-15 Meteor. Ranpur yang punya peran khusus untuk melibas medan beranjau ini belum lama digunakan AD Rusia dalam latihan tempur bersandi Kavkaz-2020.

Baca juga: Bozena 4 – Robot Penghancur Ranjau Andalan Yon Zipur TNI AD

Dikutip dari nplus1.ru (23/9/2020), disebutkan penampakan perdana BMP-3 UR-15 diketahui secara tak sengaja dalam rekaman dari sebuah tayangan yang disiarkan Zvezda TV channel. Berdasarkan keterangan, UR-15 hadir sebagai pengganti dari sistem lama, UR-77 Meteroit. Pada dasarnya, baik UR-15 dan UR-77 adalah mine clearing vehicle, dimana asasi dari ranpur ini digunakan untuk membuka jalan bagi lalu lintas kendaraan dan pasukan untuk bisa dengan aman melintasi suatu area.

UR-77 Meterorit dengan nickname “Snake Gorynych” hadir dalam sasis ranpur roda rantai 2S1 Gvozdika, UR-77 sudah digunakan sejak era Uni Soviet yaitu pada dekade 70-an. Meski tergolong alutsista tua, UR-77 sudah kenyang dalam operasi militer di Chechnya dan hingga kini masih dioperasikan dalam palagan konflik di Suriah. Namun, oleh militer Rusia, UR-77 sudah dianggap sudah uzur dan penggunaan ranpur ini dianggap dapat menurunkan moral awaknya.

Berangkat dari hal tersebut, kemudian hadirlah UR-15 yang menggunakan sasis platform ranpur BMP-3 IFV (Infantry Fighting Vehicle). Ketimbang UR-77 dengan platform 2S1 Gvozdika, maka UR-15 dengan platform BMP-3 punya kemampuan amfibi. Dalam operasinya, UR-15 dilengkapi dua roket yang membawa kabel berisi bahan peledak. Ketika siap digunakan, roket ditembakan ke arah area yang akan dilintasi.

Landmine clearing system ini secara prinsip akan membuka jalan dengan meledakan kabel yang terjulur sepanjang 90-100 meter dan lebar 6 meter. Ranjau yang ditanam di permukaan dapat dinetralkan berkat efek dari kabel yang menghasilkan gelombang ledakan yang mampu mengaktifkan ranjau di lapangan.

UR-77 Meteorit

Adopsi BMP-3 di UR-15 dianggap ideal, lantaran ranpur ini dilengkapi dengan transmisi elektromekanis dan memiliki kompleks perlindungan aktif “Afganit”. Selain itu, UR-15 juga dilengkapi dudukan senapan mesin dengan remote control weapon station.

Baca juga: Udar UCGV – Robot Tempur Lapis Baja dari Platform Tank Amfibi BMP-3

Kabar bahwa Rusia akan mengganti UR-77 telah diketahui sejak pertengahan 2018. Bahkan, kabarnya UR-15 akan dikembangkan lebih lanjut dengan sistem kendali robot, mengingat platform BMP-3 pernah sukses dikembangkan dengan sistem robotik pada varian Udar UCGV. (Haryo Adjie)

14 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *