Seputar DSEI 2019Klik di Atas

Untuk Pertama Kali, Jet Tempur Stealth F-35B Lightning II Sambangi Asia Tenggara

Ada suguhan yang menarik dari Singapore AirShow 2018, di pameran dirgantara terbesar di Asia ini untuk pertama kalinya disambangi oleh jet tempur stealth Lockheed Martin F-35B Lightning II. Bukan hanya pertama mendarat di pameran, tapi ini kali pertama jet tempur super canggih dari generasi kelima ini hadir kawasan Asia Tenggara. Sebelumnya pada Singapore AirShow 2016, F-35 memang sudah dipamerkan, namun dalam wujud full mockup.

Baca juga: Intip dari Dekat Full Mockup Lockheed Martin F-35 Lightning II

Dua unit F-35B dari Marine Fighter Attack Squadron-121 “Green Knights” sudah hadir di Changi sejak 3 Februari lalu. Jet tempur milik US Marines ini adalah generasi lanjutan dari jet tempur Harrier, pasalnya F-35B punya kemampuan Short Takeoff and Vertical Landing (STOVL). Kehadiran F-35B di Singapore AirShow 2018 tentu bukan sekedar memuaskan dahaga pecinta alutsista, lebih dari itu F-35 mengemban misi besar Amerika Serikat untuk memberi efek deteren bagi lawannya dalam kampanye Joint Strike Fighter (JSF).

Di luar AS, Israel, Norwegia, Italia, dan Turki, seperti diketahui, Australia, Jepang dan Korea Selatan akan mulai menerima unit perdana F-35 mereka pada tahun ini. Dikutip dari aviationweek.com (6/2/2018), 165 unit F-35 pesanan baru sudah masuk dalam proses produksi, khusus untuk tahun ini 91 unit ditargetkan akan selesai dibuat.

F-35B Lightning II, bisa lepas landas vertikal seperti Harrier.

Jepang memesan total 42 unit F-35A, yang sebagian unitnya dirakit di negara tersebut. Sementara Australia telah memutuskan membeli 72 unit F-35A, dua unit sudah diterima, dan keseluruhan operasional skadron tempur F-35A RAAF diperkirakan bakal siap di 2020. Kemudian Korea Selatan, nagara yang dalam status berperang dengan Korea Utara ini telah memesan 40 unit F-35A,  enam unit perdana akan diserahkan Lockheed Martin pada Maret 2018 mendatang. F-35A adalah varian yang terbang secara konvensional alias Conventional Takeoff and Landing (CTOL).

Lantas bagaimana dengan Singapura? Sampai saat ini belum ada pesanan F-35 dari Singapura, namun Negara Kota ini memang diketahui tengah melakukan evaluasi atas F-35A dan F-35B. (Haryo Adjie)

36 Comments